Ramuan Herbal

12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh

Beritasehat.com -12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh. Sakit gigi merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak. Ada banyak alasan mengapa anak-anak bisa mengalami sakit gigi, seperti infeksi gigi, gigi yang tumbuh, atau bahkan cedera gigi.

Masalah ini pastinya akan membuat Anda khawatir karena si kecil jadi rewel dan tidak mau makan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui beberapa obat sakit gigi anak yang tepat untuk membuat si kecil kembali merasa nyaman dan bahagia.

kami akan merekomendasikan beberapa obat sakit gigi anak yang para mom’s tau. Yuk, ikuti ulasan kamu di bawah ini!

12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Penyebab Sakit Gigi Anak

Sebelum mengetahui obat sakit gigi anak, ada baiknya mom’s terlebih dahulu tahu penyebab sakit gigi pada anak. Berikut beberapa penyebab sakit gigi pada anak:

1. Penumbuhan Gigi yang Tidak Normal

Penumbuhan gigi yang tidak normal juga dapat menjadi penyebab sakit gigi pada anak-anak. Beberapa anak mengalami penumbuhan gigi yang terlalu lambat atau terlalu cepat, atau gigi yang tumbuh tidak pada posisi yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada gigi dan gusi.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat menjadi penyebab utama sakit gigi pada anak-anak. Karies gigi dapat terjadi ketika bakteri menumpuk pada gigi dan membentuk plak. Plak ini kemudian dapat menyerang lapisan keras gigi yang disebut enamel, dan memicu kerusakan yang lebih parah jika tidak segera diatasi. Karies gigi dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah, terutama jika tidak segera diobati.

3. Infeksi Gusi

Infeksi gusi atau gingivitis dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada gusi, yang dapat menjalar hingga ke gigi dan menyebabkan sakit gigi pada anak-anak. Gingivitis biasanya terjadi karena plak yang menumpuk pada gusi dan memicu reaksi peradangan. Jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius dan menyebabkan kerusakan gigi permanen.

12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Obat Sakit Gigi Anak

Rasa sakit pada gigi anak dapat diatasi dengan pemberian obat yang tepat. Berikut beberapa obat sakit gigi anak yang dapat membuat anak kembali nyaman dan bahagia:

1. Parasetamol

Parasetamol adalah obat pereda sakit dan demam yang banyak digunakan oleh anak-anak. Obat ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai dosis yang tepat untuk anak-anak.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga merupakan obat pereda sakit yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi anak. Obat ini juga membantu mengurangi peradangan pada gigi dan gusi. Ibuprofen dapat diberikan kepada anak-anak yang berusia lebih dari 6 bulan dengan dosis yang tepat.

3. Benzocaine

Benzocaine adalah jenis obat topikal yang dapat diterapkan langsung pada gigi atau gusi untuk meredakan rasa sakit. Obat ini tersedia dalam bentuk gel atau krim. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi sebelum menggunakan obat ini pada anak-anak.

4. Lidocaine

Lidocaine adalah jenis obat anestesi yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi. Obat ini biasanya diberikan dalam bentuk injeksi oleh dokter gigi atau dokter anak.

5. Amoxicillin

Amoxicillin adalah jenis antibiotik untuk mengobati infeksi gigi pada anak-anak. Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter gigi atau dokter anak setelah memeriksa gigi anak.

6. 12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah jenis obat kumur yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan melawan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Obat ini dapat diberikan kepada anak-anak yang sudah dapat berkumur.

7. Bufect

Bufect merupakan obat anti-nyeri atau NSAID (Obat Anti-inflamasi Nonsteroid) yang berguna untuk membantu mengurangi zat penyebab peradangan dan menghambat zat yang menyebabkan rasa nyeri.

Meskipun Bufect termasuk obat bebas terbatas, penggunaan obat ini tetap perlu mengikuti aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat. Selain itu, Anda juga bisa kosultasikan pada apoteker Farmaku sebelum membeli obat ini untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

8. 12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Proris

Hampir sama dengan bufect, proris juga merupakan obat anti-nyeri atau NSAID yang bekerja dengan cara menghambat zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan nyeri.obat ini dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan melawan bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

9. Cataflam

Obat mampu mengatasi atau meredakan nyeri ringan hingga sedang, di antaranya sakit gigi, asam urat, migrain, serta nyeri karena batu empedu dan batu ginjal.

Cataflam Drops mengandung bahan aktif diclofenac resinate untuk meredakan nyeri termasuk nyeri karena sakit gigi pada anak.

10. 12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Kombinasi benzocaine dan menthol

Beberapa obat sakit gigi anak mengandung kombinasi benzocaine dan menthol. Kombinasi ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan memberikan efek pendinginan pada gigi dan gusi anak.

11. 12 Obat Sakit Gigi Anak yang Ampuh - Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

Burung Kakak Tua merupakan obat sakit gigimengandung minyak cengkeh dan kaya akan minyak atsiri. Minyak satu ini telah teruji memiliki antijamur dan antibakteri.Kandungan ini berguna untuk meredakan rasa sakit gigi akibat bakteri pada gusi atau gigi.

Tidak hanya itu, minyak cengkeh juga dapat berperan dalam meredakan sinyal saraf yang dapat memicu rasa sakit pada gigi.

12. Kombinasi asam asetilsalisilat, asam sitrat, dan asam karboksilat

Obat sakit gigi anak yang mengandung kombinasi asam asetilsalisilat, asam sitrat, dan asam karboksilat dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan pada gigi dan gusi. Obat ini juga dapat membantu mengurangi demam.

Bagikan Halaman ini