Apa yang Dimaksud Dengan Senam Ritmik?

Jika tidak suka dengan olahraga berat, terdapat olahraga alternatif yang bisa dipilih agar tidak terkesan menjenuhkan, salah satunya adalah senam ritmik. Lantas, apa yang dimaksud dengan senam ritmik?

Secara umum, senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam iringan irama musik, lalu mengikuti irama yang berupa tepukan tangan, ketukan, dan lainnya.

Itu sebabnya, senam ritmik disebut juga dengan senam irama. Sebagian besar dari kita pasti telah mempraktikkan senam ini ketika berada di sekolah.

Bahkan, banyak yang tidak tahu kalau senam yang satu ini mempunyai perlombaannya tersendiri, sehingga keberadaan jenis senam jenis ini tampaknya abadi. Lagu-lagu yang digunakan sebagai iringan juga sering diperbarui.

Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan kinerja jantung, sehingga membuat peredaran darah lebih lancar yang menyehatkan tubuh.

Pengertian Senam Ritmik

Definisi senam adalah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruksikan dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, bahkan disusun secara sistematis. Tujuannya adalah meningkatkan kesehatan jasmani dan mengembangkan keterampilan.

Pada awalnya, apa yang dimaksud dengan senam ritmik adalah gerakan-gerakan kalestenik dan latihan bebas yang bersifat lambat. Dalam praktiknya, senam ini dilakukan sembari diiringi irama musik.

Tidak hanya itu, senam ritmik disebut juga dengan senam irama yang dilakukan sesuai dengan ketukan musik yang mengiringinya.

Dulunya senam ini sering dipraktikkan di sekolah, namun seiring perkembangannya, senam ritmik berubah menjadi lebih kompetitif.

Dalam catatan, senam ini berkembang dari Eropa dan populer melalui klub-klub senam pribadi yang didirikan oleh perorangan. Tidak butuh waktu lama, senam ritmik berhasil menarik perhatian para penggemar senam dari Amerika dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Selain menyehatkan, terdapat komponen fisik yang dihasilkan dari kegiatan senam ritmik adalah kelentukan dan kelincahan.

Gerakan Dasar Senam Ritmik

Berikut adalah beberapa gerakan dasar senam ritmik yang bisa kalian pelajari, cocok untuk pemula.

1. Ayunan Lengan

Gerakan senam ritmik yang dilakukan dengan ayunan lengan terbagi atas tiga jenis, yaitu:

  • Rowing – mengayunkan kedua tangan secara bersamaan kea rah samping seperti sedang mendayung perahu.
  • Bicep Curl – menekuk persendian pada siku lalu menuluskannya kembali.
  • Up Right now – mengangkat tangan dari bagian perut bawah menuju dada

2. Langkah Kaki

Dalam praktik senam praktik, gerak dasar langkah kaki dibagi menjadi empat jenis, di antaranya:

  1. Skipping – menekuk kaki belakang menuju bagian pantat, kemudian menendangnya ke arah samping atau depan
  2. Jumping Track – membuka kedua kaki selebar satu setengah bahu sambil melompat.
  3. Jalan di tempat – berdiri tegak dan berjalan di tempat
  4. Jogging – bisa dilakukan dengan cara jogging knee up, butt tap, dan berlari di tempat

Manfaat Senam Ritmik

Senam termasuk dalam olahraga, sementara olahraga memiliki manfaat kesehatan. Oleh karena itu, latihan berirama juga bermanfaat bagi tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pertama dari latihan ritmis adalah untuk dapat menjaga kesehatan tulang. Ini karena dalam gerakan latihan ritmis ini, ia akan diminta untuk mempercayai tubuh Anda sendiri dalam upaya untuk menahan beban tubuh.

Bersama dengan olahraga yang konstan, latihan ritmis dapat mempertahankan kekuatan tulang sejak awal dan menghindari risiko kerusakan tulang. Terutama jika secara rutin mempraktikkan latihan berirama sejak usia dini, itu dapat membantu mencegah osteoporosis pada orang tua nanti.

2. Kelenturan dan Kekuatan

Senam termasuk dalam olahraga yang baik untuk membangun, mengangkat, memperkuat otot tubuh. Jika latihan berirama ini berlanjut, otot atas, bagian bawah, otot -otot pusat dapat menjadi kuat untuk menopang berat badan mereka sendiri selama berolahraga.

Selain itu, jenis olahraga ini juga mengharuskannya meregangkan otot Anda sehingga dapat meningkatkan kelemahan mobil dan kemampuan untuk memperluas ruang lingkup gerakan. Pergerakan latihan berirama yang juga memungkinkan Anda untuk mempraktikkan fleksibilitas tubuh, sehingga meminimalkan risiko lesi dan otot tubuh.

3. Mencegah Penyakit

Senam berirama terbukti dimasukkan dalam olahraga kardiovaskular yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru -paru. Oleh karena itu, dikatakan bahwa latihan ini dapat mencegah penampilan berbagai penyakit, seperti asma, obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes.

Bahkan jika Anda melakukan latihan berirama ini secara rutin, ini dapat membantu menangani penyakit kronis. Namun, meskipun demikian, Anda juga harus mengkompensasi menjalani gaya hidup sehat yang disertai dengan memelihara makanan dengan nutrisi seimbang.

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan senam ritmik, yuk langsung praktik!

Bagikan Halaman ini