Penyakit

Apakah BAB Berdarah Bisa Sembuh Sendiri? Ketahui Dulu Penyebabnya hingga Pengobatannya!

Berita Sehat - Buang air besar (BAB) adalah kegiatan biasa yang dilakukan semua orang, ada yang melakukan hal tersebut sekali atau dua kali sehari, tapi ada juga yang melakukannya setiap 2, 3, atau bahkan 4 hari.

Meskipun kegiatan ini normal, ada orang yang mengalami masalah saat buang air besar, seperti keluarnya darah.

BAB yang mengandung darah biasanya menunjukkan adanya masalah kesehatan tertentu. Namun, apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri? Sebab, tidak selalu darah pada feses menandakan adanya penyakit.

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

bab berdarah

Beberapa orang mengalami buang air besar berdarah segar tanpa rasa sakit atau lendir. Jika Anda mengalami kondisi ini, penting untuk tidak menganggap remeh.

Sebaiknya segera diobati saat Anda mengalami buang air besar berdarah segar tanpa rasa sakit dan terdapat lendir.

apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri? Itu semua tergantung pada penyebabnya. Menurut informasi dari Cleveland Clinic, penyebab umum perdarahan pada dubur atau buang air besar berdarah meliputi hal-hal berikut:

Wasir/Ambeien

Wasir atau ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di dalam rektum atau anus membengkak.

Fisura Anus

Fisura anus atau fisura ani adalah robekan pada lapisan saluran anus. Hal ini sering terjadi setelah mengejan saat buang air besar, mirip dengan wasir. Kedua kondisi ini berkaitan dengan sembelit yang bisa menyebabkan nyeri pada dubur dan pendarahan.

Penyakit Radang Usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Penyakit radang usus menyebabkan peradangan kronis pada lapisan usus kecil dan besar. IBD juga menyebabkan nyeri perut kronis, diare, dan dalam kasus parah, dapat mengakibatkan pendarahan.

Divertikulitis

Divertikulitis terjadi di usus besar, dekat dengan rektum. Buang air besar berdarah bisa terjadi ketika kantong-kantong kecil di lapisan dalam usus besar (divertikula) mengalami infeksi atau peradangan.

Penyebab BAB Berdarah Lainnya

Apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri? Tentu Anda perlu memahami dahulu faktor penyebab lainnya. Selain penyebab umumnya, ada beberapa penyebab lain dari buang air besar berdarah yang mungkin termasuk:

Kolitis Menular

Infeksi bakteri tertentu dapat menyebabkan kolitis hemoragik, yang menyebabkan perdarahan dari usus besar. Biasanya terjadi dalam bentuk diare berdarah.

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa jenis IMS dapat menyebabkan peradangan dan pendarahan pada lapisan anus atau dubur. Contohnya, herpes dapat menyebabkan luka yang berdarah dan human papillomavirus (HPV) yang bisa menyebabkan kutil pada dubur yang mungkin juga berdarah sedikit.

Penyakit Tukak Lambung

Tukak lambung terjadi di perut, terutama pada bagian atas usus kecil. Buang air besar berdarah bisa terjadi saat asam lambung mengikis lapisan pelindung, menyebabkan luka terbuka. Maag juga dapat menyebabkan nyeri perut yang terbakar dan bahkan perdarahan.

Polip Usus Besar dan Kanker Kolorektal

Polip bisa muncul seperti pertumbuhan jamur di sisi usus yang bisa berdarah ketika membesar. Kadang-kadang, polip juga bisa berubah menjadi kanker. Dokter mungkin perlu melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan kolonoskopi untuk memeriksa perdarahan dubur yang tidak dapat dijelaskan, untuk mengesampingkan kemungkinan kanker usus besar.

Apakah BAB Berdarah Bisa Sembuh Sendiri?

Ya, buang air besar berdarah bisa sembuh sendiri tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, pendarahan tersebut mungkin berhenti dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan tambahan jika sudah tidak muncul lagi.

Namun, penting untuk tetap memantau pendarahan pada dubur atau darah dalam tinja. Perhatikan apakah kejadian tersebut terulang lebih dari sekali atau jika ada gejala lain yang muncul. Jika buang air besar berdarah berlanjut atau terjadi secara teratur, disarankan untuk mencari pertolongan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cara mengobati BAB berdarah

Pengobatan rumahan yang sederhana dapat membantu penyembuhan buang air besar berdarah. apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri? Jika BAB disebabkan bukan karena infeksi yang berbahaya, terdapat beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan sendiri untuk pengobatan.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda dapat mencukupi kebutuhan cairan harian, rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal The American Journal of Gastroenterology (2006), serat dapat mengurangi buang air besar berdarah pada penderita wasir sebesar 47–50 persen.

Namun, ada juga perawatan medis yang dapat membantu mengatasi buang air besar berdarah. Biasanya, dokter akan memberikan pengobatan berupa:

Obat minum untuk mengatasi feses berdarah akibat infeksi atau peradangan.

Penyuntikan pada anus untuk menghentikan pendarahan.

Prosedur untuk menghentikan aliran darah pada jaringan yang abnormal.

Apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri? Penting untuk dicatat bahwa kesembuhan buang air besar berdarah tergantung pada penyebabnya. Beberapa kondisi memerlukan penanganan segera oleh dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Jika Anda terus mengalami darah dalam feses secara terus-menerus, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk buang air besar berdarah yang Anda alami.

Jika Anda adalah salah satu yang bertanya apakah bab berdarah bisa sembuh sendiri, semoga menemukan jawabannya melalui ulasan ini, ya!

Bagikan Halaman ini