Cara Mengatasi Kanker Payudara serta Penyebabnya

Berita-sehat.com – Diera sekarang setiap wanita harus menjaga kesehatan tubuh terutama bagian intim pada wanita. Salah satunya yang harus dicegah adalah kanker payudara, kanker ini terbentuk di bagian payudara wanita. Pasti nantinya banyak orang yang mencari Cara Mengatasi Kanker Payudara dan Apa Penyebabnya.

Kanker payudara terjadi ketika sel-sel jaringan yang ada di payudara tubuh tidak terkendali dan mangambil ahli jaringan payudara yang sehan dan sekitarnya. Kanker satu ini dapat tebentuk di kelenjar di deket susu (lobules) atau disaluran yang membawa air susu dari kelenjar ke putting payudara.

Bukan hanya itu, kanker payudara juga bisa terbentuk di jaringan lemak di dalam payudara. Kanker payudara bukan hanya akan menyerang para wanita, kanker satu ini juga bisa menyerang pria.

Jenis Kanker Payudara

Kanker payudara juga memiliki banyak jenis, namun hanya empat saja yang sering dialami setiap orang.

1.Ductal carcinoma in situ

Jenis kanker payudara pertama adalah Ductal carcinoma in situ (DCIS). Ductal carcinoma in situ biasanya tubuh di saluran air susu namun tidak menyebak ke jaringan sekitarnya. DCIS bisa dibilang kenker stadium awal yang masih bisa diobati. Namun, bila tidak di tindak lanjuti lebih awal, kanke ini bisa menyebar ke jaringan lainnya.

2. Lobular carcinoma in situ

Jenis kanker payudara kedua adalah Lobular carcinoma in situ (LCIS). Kanker ini akan tumbuh di bagian kelenjar penghasil air susu. Sama seperti yang perta jenis ini juga tidak akan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Tapi, bila LCIS dibiarkan maka kanker ini akan meningkatkan risiko pertumbuhan di kedua payudara.

3. Invasive ductal carcinoma

Jenis kanker payudara ketiga ialah Invasive ductal carcinoma (IDC). Kanker ini tumbuh di duktus dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya, bahkan sampai menyebar ke area tubuh yang lain. IDC bisa terjadi pada 70-80% kasus kaker payudara.

4. Invasive lobular carcinoma

Jenis kanker payudara yang keempat adalah Invasive lobular carcinoma (ILC), adalah kanker yang awalnya tumbuh di kelenjar air susu, tapi kemudian menyebar ke jaringan di sekitarnya. Kanker jenis ini juga bisa menyebar melalui darah dan saluran getah bening menuju ke bagian tubuh lain. ILC terjadi pada 10% kasus kanker payudara.

Selain empat jenis yang diatas, ada pula jenis kanker payudara lain yang jarang terjadi, yauti:

– Angiosarkoma, yaitu jenis kanker yang tumbuh di pembuluh darah dan saluran getah bening di payudara

– Penyakit Paget, yaitu kanker yang tumbuh di puting payudara, lalu meluas ke area hitam di sekitar puting (areola)

– Tumor phyllodes, yaitu jenis kanker yang tumbuh di jaringan ikat payudara

– Inflammatory breast cancer (IBC), yaitu jenis kanker pada payudara yang bisa berkembang cepat dan menyumbat saluran getah bening, sehingga membuat payudara meradang, kemerahan, dan bengkak seperti terinfeksi

– Triple negative breast cancer, yaitu jenis kanker payudara yang sulit untuk diobati karena tidak menunjukkan keberadaan reseptor hormon estrogen (ER), reseptor hormon progesterone (PR), dan reseptor protein HER-2 pada pemeriksaan jaringan kanker

Penyebab Kanker Payudara

Selain mengenal jenis-jenis kanker payudara, anda juga mesti mengetahui apa penyebab kanker ini bisa tumbuh di bagian intim wanita. Kanker bayuda yang masi di stadium awal, biasanya sangat sulit untuk terdeteksi karena ukurannya masih kecil. Tapi jika benjolan tersebut besar, baru dapat teraba.

Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara berarti kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan penting dilakukan guna memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan.

Namun, peneletian belum dapat menemukan apa penyebab kanker payudara bisa tumbuh. Namun, ada beberapa factor yang bisa membuat anda berisiko terkena penyakit satu ini, yaitu kelebihan berat badan, menstruasi terlalu muda, dan kebiasaan merokok.

Cara Mengatasi Kanker Payudara

Selain anda mengetahui penyebab kanker payudara, anda juga perlu mengatasi kanker satu ini sebelum terkena dampaknya. Cara mengatasi kanker payudara dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara secara mandiri atau pemeriksaan oleh petugas medis. Pemeriksaan harus dilakukan secara rutin bila Anda berisiko terserang kanker payudara.

Selain itu anda juga bisa mengikutu cara berikut ini:

1.Menjaga berat badan

Setiap wanita pasti akn suka makan dan tidak memperdulikan akan kesehatannya, akhirnya yang dia alami kelebihan berat badan atau obesitas. Jika anda orang yang kelebihan berat badan ini adalah factor yang pertama dan berisiko terkena kanker payudara.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Cara mengatasi kanker payudara kedua adalah menjaga pola hidup sehat dan mengutamakan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan, minyak sehat, dan antioksidan yang tinggi, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara.

3. Rajin olahraga

Cara mengatasi kanker payudara yang ketiga adalah sering beraktivitas secara fisik dapat menurunkan risiko kamker payudara. Olahraga yang bisa kalian lakukan seperti, bersepeda dan jogging minimal 2 jam 30 menit per minggu.

4. Berhenti merokok

Cara mengatasi kanker payudara keempat adalah berhenti merokok. Bila anda orang yang sering mengonsumsi rokok maka risiko terkena kanker payudara sebesar 7-13% lebih tinggi dari pada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali.

5. Membatasi minuman beralkohol

Cara mengatasi kanker payudara terakhir ialah mengonsumsi alkohol. Bila anda meminum alkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7–12%. Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari.

Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kanker payudara, penyebab kanker payudara hingga cara mengatasinya. Lakukan cara Cara Mengatasi Kanker Payudara tersebut secara rutin, agar hasilnya maksimal.

Bagikan Halaman ini