Penyakit

Cara Mengetahui Usus Buntu dengan Mengangkat Kaki

Cara mengetahui usus buntu dengan mengangkat kaki adalah salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui gejala usus buntu atau tidak.

Penyebab dari usus buntu yaitu penyumbatan di usus yang membutuhkan perawatan medis segera. Bila tidak, usus buntu bisa pecah dan mengancam jiwa.

Gejala usus buntu yang paling khas adalah rasa nyeri di perut. Meski begitu, penting untuk mengetahui bahwa gejala usus buntu tidak hanya sakit perut. Ada tanda dan ciri-ciri usus buntu lain yang perlu Anda ketahui.

Gejala Usus Buntu

Di bawah ini merupakan beberapa gejala usus buntu yang sangat umum menyerang.

1. Sakit perut bagian kanan bawah (gejala khas usus buntu)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyakit usus buntu biasanya berawal dengan gejala nyeri atau kram pada perut yang terjadi secara mendadak. Akan tetapi kebanyakan orang lebih sering mengalami sakit perut yang intens tidak seperti kram perut.

Gejala usus buntu satu ini terjadi karena usus buntu mengalami pembengkakan dan peradangan. Hal tersebut terjadi akibat adanya iritasi lapisan dinding perut, sehingga Anda mengalami nyeri di bagian perut.

Namun, perlu diketahui bahwa lokasi munculnya ciri-ciri usus buntu ini berbeda tiap orang. Bergantung dengan usia dan area usus buntu mana yang mengalami masalah.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Mata Malas

2. Mual, Muntah dan Nafsu Makan Menurun

Hampir semua orang yang mengalami gangguan pencernaan, biasanya mengalami gejala mual dan muntah. Ternyata gejala ini juga terjadi pada usus buntu.

Munculnya ciri-ciri usus buntu ini kemungkinan besar penyebabnya adalah peradangan pada saluran cerna dan sistem saraf.

Rasa tidak nyaman pada perut ini, tentunya dapat menurunkan nafsu makan secara drastis. Saking seringnya muncul saat masalah pencernaan terjadi, banyak yang menyepelekan tanda usus buntu ini.

4. Gangguan Pencernaan

Selain mengalamin mual dan muntah, beberapa orang juga terkadang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Selain itu, gejala lainnya dapat terlihat bila susah buang angin atau kentut dan sakit pinggang.

Bila kamu sulit buang angin, kemungkinan terbesar terjadi penyumbatan pada usus sudah terjadi di sebagian atau keseluruhan.

5. Demam Ringan

Gejala Usus Buntu bisa menyebabkan demam ringan berkisar antara 37-38˚C. Bila semakin parah, bisa mencapai 38 derajat celcius disertai dengan peningkatan denyut jantung.

6. Sering buang Air Kecil

Ketika kandung kemih bersinggungan dengan usus buntu yang sedang meradang, maka hal tersebut akan memengaruhi kandung kemih, sehingga membuatnya mengalami peradangan serupa.

Meradangnya kandung kemih saat usus buntu terjadi, membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Bila digambarkan lebih tepat, desakan buang air kecil jadi lebih sering, tapi urine yang dikeluarkan sedikit. Hal ini jugalah yang membuat buang air kecil jadi menyakitkan.

Cara mengetahui usus buntu dengan mengangkat kaki kanan bisa menjadi cara untuk mengetahui hal tersebut adalah gejala atau bukan. Dengan mengangkat kaki kanan maka perut sebelah kanan yang merupakan daerah usus buntu juga ikut berkontraksi.

Jika terasa nyeri dan perih maka bisa saja kamu sedang mengalami gejala usus buntu. Atau jika merasa sakitnya tidak tertolong bisa jadi telah terjadi peradangan yang parah di daerah usus buntu.

Bagikan Halaman ini