BeritaCovid19

Dua Kali Vaksin tidak Membuatmu Kebal Terhadap Virus Corona

Berita-sehat.com - Studi CDC menunjukkan bahwa perlindungan vaksin terhadap infeksi virus berkurang seiring waktu. Yang artinya, walaupun sudah dua kali vaksin tidak akan membuatmu menjadi kebal terhadap virus corona.

Dilansir dari Thehill, tiga penelitian yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa perlindungan terhadap infeksi dari virus corona pada individu yang divaksinasi akan menurun dari waktu ke waktu.

Studi tersebut merupakan salah satu bukti yang digunakan oleh para pejabat untuk merekomendasikan dosis vaksin tambahan.

Badan tersebut menjelaskan bahwa vaksin yang saat ini disahkan masih memiliki efektivitas yang sangat tinggi terhadap rawat inap Covid19, yang berarti bahwa meskipun seseorang atau Yesaya abraham terinfeksi setelah divaksinasi, dia umumnya tidak akan sakit parah.

Direktur CDC Rochelle Walensky saat konferensi pers mengatakan, "Data yang akan kami publikasikan hari ini dan minggu depan menunjukkan efektivitas vaksin terhadap infeksi SARS CoV-2 semakin berkurang. Dan meskipun vaksin kami saat ini bekerja dengan baik untuk mencegah rawat inap, kami melihat bukti tentang berkurangnya efektivitas vaksin dari waktu ke waktu, dan terhadap varian delta."

Ketiga laporan tersebut mengukur tingkat efektivitas vaksin, yang membandingkan tingkat infeksi atau rawat inap di antara orang yang divaksinasi dengan tingkat di antara orang yang tidak divaksinasi.

Disarankan untuk menambah dosis suntikan

Tetapi studi CDC tidak dapat membedakan apakah penurunan efektivitas terhadap infeksi adalah akibat dari varian delta, karena orang-orang mengubah perilaku mereka ketika sudah mendapatkan vaksin sebanyak 2 kali seperti pelonggaran persyaratan masker dan jarak, atau penurunan kekebalan imun tubuh.

Data dari tiga laporan, yang diterbitkan di Morbidity and Mortality Weekly Report CDC, membantu meyakinkan administrasi Biden tentang perlunya merekomendasikan suntikan tambahan kepada orang-orang delapan bulan setelah menerima dosis kedua mereka.

Di bawah rencana yang diumumkan, tambahan suntikan akan mulai diberikan pada 20 September, sambil menunggu otorisasi dosis ketiga dari Food and Drug Administration dan pertemuan komite penasihat CDC untuk membuat rekomendasi berdasarkan bukti.

"Kami khawatir bahwa pola penurunan yang kami lihat ini akan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan, yang dapat menyebabkan berkurangnya perlindungan terhadap penyakit parah yang dirawat di rumah sakit dan kematian," kata Ahli Bedah Umum Vivek Murthy.

Pakar kesehatan mengatakan data CDC harus membuat kasus bahwa lebih penting untuk mendapatkan dosis awal bagi yang belum divaksinasi, dan penguat untuk orang-orang dengan gangguan kekebalan dan penghuni panti jompo, daripada ke seluruh populasi.

Ada juga satu studi yang dilakukan terharap orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi di New York dari 3 Mei hingga 25 Juli. Menurut penelitian tersebut, efektivitas yang disesuaikan dengan usia secara keseluruhan terhadap kasus COVID-19 baru untuk semua orang dewasa menurun dari 91,7 persen menjadi 79,8 persen.

Selama periode yang sama, efektivitas terhadap rawat inap relatif stabil, berkisar antara 91,9 persen hingga 95,3 persen.

Nuzzo mengatakan angka-angka itu tidak menunjukkan alasan kuat untuk memberikan dosis ketiga, terutama karena studi kedua menemukan bahwa vaksin masih menunjukkan efektivitas 90 persen terhadap rawat inap.

"Apa yang dapat dianggap sebagai vaksin yang tidak melindungi sebanyak sebelumnya berdasarkan waktu, bisa jadi karena fakta bahwa kami lebih menantang vaksin daripada sebelumnya," kata Nuzzo.

Vaksin bukan sesuatu yang bisa menangkal infeksi virus

Jadi menurut Nuzzo, vaksin bukanlah sesuatu yang dapat mencegah infeksi virus corona secara mutlak, melainkan melatih imun tubuh untuk merespon infeksi yang masuk dan berharap bisa mengurangi jumlah sel yang terinfeksi. Dan juga vaksin bekerja untuk mencegah terjadinya penyakit parah, dimana hal ini bisa menjauhkan orang-orang dari rumah sakit.

Studi tersebut menunjukkan bahwa vaksin saja tidak akan cukup untuk mengurangi kasus COVID-19 baru dan rawat inap. Temuan ini menyarankan pendekatan berlapis yang mencakup vaksin, serta strategi pencegahan lainnya seperti masker dan jarak fisik.

Jadi, suntikan tambahan dapat membantu di antara penghuni panti jompo, yang sering berusia lanjut dan lemah dan mungkin memiliki respons yang kurang kuat terhadap vaksin.

Sebuah studi CDC ketiga menunjukkan efektivitas vaksin di panti jompo telah secara signifikan lebih rendah dalam beberapa bulan terakhir.

Studi ini menganalisis efektivitas vaksin di antara penghuni hampir 4.000 panti jompo dari 1 Maret hingga 9 Mei, sebelum munculnya varian delta, dan hampir 15.000 panti jompo dari 21 Juni hingga 1 Agustus, ketika delta adalah varian utama yang mendorong infeksi baru di negara.

Efektivitasnya turun dari sekitar 75 persen menjadi 53 persen selama periode peredaran varian delta.

"Masuk akal untuk memberikan dosis ekstra vaksin kepada penghuni panti jompo yang divaksinasi, tetapi apa yang akan memiliki dampak yang lebih besar dalam melindungi penghuni panti jompo tersebut adalah dengan memvaksinasi pengasuh mereka," cuit Celine Gounder, seorang dokter penyakit menular di Bellevue Hospital Center. dan mantan penasihat kampanye Biden tentang COVID-19.

Namun, peneliti CDC mengatakan mereka tidak dapat menentukan apakah penurunan efektivitas hanya dari varian delta atau kombinasi delta dan kekebalan yang memudar. Studi ini juga tidak mengevaluasi perlindungan vaksin terhadap penyakit parah.

Bagikan Halaman ini