Gaya Hidup

Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental dan Psikologis

Berita-sehat.com - Pentingnya self care untyuk kesehatan mental dan psikologis memang tak boleh dipandang sebelah mata. Padatnya aktivitas dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari memang membuat kita sering kali lupa akan kebutuhan diri sendiri.

Akibatnya, kita menjadi mudah lelah dan stres. Dalam kondisi tertentu, stres berat akan mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan kesehatan fisik. Salah satu cara mengelolah stres ialah dengan melakukan self care atau perawatan diri, seperti yang dilakukan Elina Joerg.

Lantas, apa itu self care? Seberapa penting perawatan diri untuk menjaga kesehatan fisik dan mental? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Self Care

Psikolog Universitas Airlangga (Unair) Pramesti Pradna Paramita menekankan tentang betapa pentingnya perawatan diri.

Melansir dari kompas.com, Pramesti menjelaskan tentang peduli diri sendiri dari sudut pandang World Health Organization (WHO), mendefenisikan self care adalah kemampuan seseorang, keluarga, atau komunitas untuk menjaga kesehatan, mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, dan menghadapi kondisi sakit.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan self care menurut WHO, antara lain adalah kebersihan, gaya hidup, nutrisi, faktor lingkungan, self meditasi, dan faktor sosial-ekonomi.

Tips Self Care

Pramesti menjelaskan ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan dalam rangka merawat diri sendiri.

1. Meluangkan Waktu

Dari sudut pandang psikologis, National Institute of Mental Health menjelaskan tentang arti self care sebagai upaya untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal yang dapat membantu seseorang menikmati hidup dengan baik (live well).

2. Merawat Diri

Self care dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, seperti istirahat, bersyukur, mengonsumsi makanan yang disukai, minum air putih yang cukup, membaca buku, dan melakukan hal menyenangkan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas merawat diri bersama orang lain, mengingat setiap kita pasti bagian dari komunitas. Aktivitas yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menelepon teman, menolong teman, quality time bersama bestie, dan masih banyak lagi.

3. Meditasi

Tips merawat diri yang selanjutnya adalah dengan meditasi. Bermeditasi dapat membantu kita untuk mengenal rasa emosional, baik emosi yang bersifat positif dan negatif. Sebaiknya luangkan waktu untuk bermeditasi setidaknya 5-10 menit per hari.

Meditasi juga mempengaruhi kinerja otak dan kekebalan tubuh positif dengan cara mindfulness yang membantu lebih cepat sadar terhadap diri, meningkatkan daya ingat, membuka hati dan pikiran, menjaga keseimbangan, dan menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Itulah tadi penjelasan tentang pentingnya self care untuk kesehatan mental dan psikologis. Perlu Anda ketahui, di dalam tubuh dan pikiran yang sehat, banyak hal positif akan tercipta.

Bagikan Halaman ini