Penyakit

Penyebab Alergi Kulit, Gejala dan Cara Mengobatinya

RockenBolle - Penyebab alergi kulit bermacam-macam, seperti alergi terhadap deodoran, obat-obatan, makanan, sinar matahari, gigitan serangga atau bahkan alergi terhadap tabir surya, dan pengobatannya dapat dilakukan dengan penggunaan antihistamin seperti desloratadine atau ebastine, misalnya ditunjukkan dengan dokter kulit atau ahli alergi.

Alergi kulit adalah reaksi peradangan yang dapat bermanifestasi di berbagai daerah kulit, seperti tangan, kaki, wajah, lengan, ketiak, leher, kaki, punggung atau perut, menyebabkan gejala seperti kemerahan, gatal dan bintik-bintik putih atau merah pada kulit. kulit. kulit. Juga, dalam beberapa kasus alergi kulit dapat menyebabkan masalah lain seperti pembengkakan alergi.

Gejala utama

Gejala utama atau penyebab alergi pada kulit meliputi:

  • Gatal;
  • Kemerahan;
  • Kulit Terkelupas;
  • Gangguan;
  • Adanya bintik-bintik atau jerawat (bintik-bintik kemerahan atau putih).

Gejala-gejala atau penyebab alergi kulit ini mungkin muncul dalam beberapa menit setelah kontak dengan alergen, tetapi mungkin juga memerlukan beberapa jam dan bahkan berhari-hari untuk berkembang sepenuhnya. Jadi, Anda harus mencoba mengingat benda atau zat yang bersentuhan dengan daerah tersebut dalam 3 hari terakhir, atau obat-obatan atau makanan yang Anda makan, untuk mencoba mencari penyebabnya.

Dalam kasus yang lebih serius dan kurang umum, alergi kulit juga dapat menyebabkan gejala serius seperti kesulitan bernapas dan ketidaknyamanan tenggorokan, dalam hal ini sangat penting untuk segera pergi ke ruang gawat darurat Rumah Sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan ketika gejala muncul?

Segera setelah gejala alergi pertama muncul, penting bagi Anda untuk mengambil tindakan dengan cepat, mencuci area kulit di mana gejala alergi muncul dengan banyak air dan sabun dengan pH netral.

Setelah mencuci area tersebut dengan baik, penting untuk mengoleskan produk hipoalergenik dengan zat penenang pada kulit, seperti krim atau losion dengan aksi menenangkan, seperti chamomile atau lavender, untuk meredakan ketidaknyamanan dan meredakan iritasi pada kulit, juga membantu menjaga hidrasinya.

Selain itu, Air Termal juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk digunakan dalam situasi ini, karena menghidrasi kulit dan mengurangi gatal dan iritasi.

Namun, jika setelah mencuci dan melembapkan kulit, gejalanya tidak sepenuhnya hilang setelah kira-kira 2 jam atau jika memburuk dalam jangka waktu ini dan menjadi berlebihan atau mengganggu,

Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar ia dapat meresepkan obat untuk pengobatan alergi tersebut. Lihat juga pengobatan herbal untuk alergi kulit.

Penyebab alergi kulit

Alergi kulit dapat memiliki beberapa penyebab, termasuk:

  • Gigitan serangga;
  • Keringat;
  • Perhiasan yg tak berharga;
  • Keracunan makanan;
  • Obat-obatan atau makanan;
  • Tumbuhan atau bulu hewan;
  • Pakaian, ikat pinggang atau beberapa jenis kain seperti wol atau jeans;
    Zat atau bahan yang mengiritasi seperti deterjen, sabun cuci, produk kecantikan dan kosmetik, make up, sampo, deodoran, shower gel, sabun, lilin atau bahkan krim obat menghilangkan rambut.

Alergi kulit dapat bermanifestasi dengan sendirinya menyebabkan berbagai gejala, dan sangat penting untuk dapat mengidentifikasi penyebab alergi sehingga dapat dihindari.

Perawatan terhadap alergi kulit

Perawatan yang direkomendasikan untuk alergi kulit harus ditunjukkan oleh dokter kulit atau ahli alergi, dan jenis perawatan akan tergantung pada penyebab dan intensitas gejala. Pengobatan biasanya dengan antihistamin seperti desloratadine atau ebastine misalnya, atau dengan kortikosteroid seperti hidrokortison atau mometason, dalam bentuk krim, salep, sirup atau tablet, yang berfungsi untuk meredakan dan mengobati gejala alergi.

Selain itu, dalam kasus di mana rasa gatal sangat hebat, dokter mungkin juga merekomendasikan penggunaan salep alergi, yang akan melembapkan kulit dan meredakan gatal dan kemerahan.

Bagaimana cara mengetahui apakah itu alergi kulit?

Diagnosis alergi kulit dapat dilakukan oleh ahli alergi atau dokter kulit, sesuai dengan penyebabnya, yang menilai gejala yang muncul di kulit. Dalam beberapa kasus, diagnosis dapat dikonfirmasi melalui tes alergi, dilakukan melalui tusukan di lengan dan dengan respons setelah 15-20 menit, atau melalui tes lain yang terdiri dari penerapan (biasanya di punggung) zat yang berbeda yang dikenal sebagai penyebab alergi kulit, membiarkan mereka bertindak selama 48 hingga 72 jam, atau bahkan melalui tes darah.

Setelah waktu yang ditentukan, dokter kemudian akan mengamati apakah tes itu positif atau negatif, mencatat apakah ada kemerahan, gatal atau jika ada jerawat di kulit, sehingga juga mengidentifikasi agen penyebab alergi. Tes darah juga dapat menunjukkan penyebab dari sebuah alergi.

Apakah alergi kulit lebih sering terjadi pada wanita yang sedang hamil?

Penyebab alergi kulit pada kehamilan dapat terjadi karena perubahan hormonal dan sistem kekebalan tubuh yang terjadi secara alami selama periode ini, yang dapat membuat ibu hamil lebih sensitif terhadap munculnya alergi kulit yang tidak diinginkan.

Dalam kasus ini, Anda disarankan untuk mencoba menenangkan kulit dengan krim atau losion yang membantu meredakan ketidaknyamanan dan iritasi pada kulit, dan Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli alergi sesegera mungkin.

Umumnya alergi kulit pada kehamilan tidak membahayakan bayi, tetapi jika gejala alerginya parah dianjurkan untuk pergi ke ruang gawat darurat atau rumah sakit.

Bagikan Halaman ini