Penyebab Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Berita-sehat.com - Penyebab darah rendah sering kali tidak kita sadari. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah yang berasal saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh di bawah batas tekanan normal.

Penyebabnya bisa bermacam-macam dan dapat menjadi tanda adanya kondisi medis atau penyakit tertentu. Seseorang akan memiliki tekanan darah rendah jika memiliki tekanan darah kurang dari 90 mmHg untuk sistolik dan 60mmHg untuk diastolik.

Efek dari tekanan darah rendah bisa berbeda-beda tergantung penyebabnya. Sebagian orang termasuk Meerqeen , Jennifer Coppen dan Shenina Cinnamon mungkin tidak mengalami gejala apapun, namun ada juga yang mengalami gejala tertentu, seperti pusing, keringat dingin, lemas, penglihatan kabur, mual, hingga pingsan.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa penyebab darah rendah dan cara mengatasinya agar kondisi tersebut bisa sembuh dengan tepat.

Penyebab Darah Rendah

Terdapat beberapa faktor pemicu tekanan darah rendah, antara lain ;

1. Gangguan Jantung

Gangguan jantung seperti aritmia dan gagal jantung kerap menjadi penyebab tekanan darah rendah. Hal tersebut bisa terjadi karena jantung tidak kuat lagi memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga mempengaruhi tekanan darah dan menghambat aliran darah.

Pada kondisi yang lebih parah, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dalam waktu singkat dan secara drastis juga terjadi akibat kondisi yang berbahaya, seperti syok kardiogenik dan henti jantung.

2. Sedang Hamil

Hamil merupakan salah satu penyebab darah rendah. Namun tak perlu khawatir, kondisi ini merupakan hal yang wajar dan biasanya akan kembali normal setelah melahirkan.

3. Dehidrasi

Beberapa penyebab tubuh kekurangan cairan adalah ketika sedang mengalami demam, muntah, diare berat, konsumsi obat-obatan da olahraga berat. Ketika tubuh dalam keadaan dehidrasi, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh terasa lemah, pusing dan kelelahan.

4. Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obatantihipertensi, anti depresan dapat memberikan efek samping berupa penurunan tekanan darah. Namun, efek samping ini biasanya akan menghilang setelah berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut.

5. Kehilangan Darah

Berkurangnya darah akibat cedera besar atau pendarahan internal dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang parah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Dengan mengetahui penyebab darah rendah yang sedang anda alami, maka anda dapat mengatasinya dengan tepat. Jika kondisi ini akibat olahraga yang intens, anda dapat memberi jeda selama 5-10 menit per sesi olahraga dan jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum berolahraga.

Apabila penyebab tekanan darah rendah karen masalah kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, kelenjar endokrin, atau infeksi, maka kondisi ini perlu penanganan khusus dari dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berikut ini beberapa cara yang untuk mengatasi tekanan darah rendah, yaitu :

  • Minum air dalam jumlah yang banyak
  • Hindari konsumsi makanan penyebab darah rendah seperti gorengan dan fast food
  • Jangan menunduk atau mengganti postur tubuh secara mendadak
  • Seusai duduk, biasakan untuk berdiri secara perlahan
  • Hindari konsumsi alkohol berlebihan
  • Hindari konsumsi kafein di malam hari
  • Mengonsumsi makanan penambah darah
  • Mengonsumsi makanan porsi kecil tetapi dengan frekuensi yang banyak
  • Berbaring dengan menaikkan kepala sekitar 15 centimeter dari tempat tidur. Anda dapat menggunakan bantal atau benda lain untuk mengganjal kepala.

Itulah tadi penjelasan tentang penyebab tekanan darah rendah dan cara mengatasinya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini