Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Diketahui

Berita-sehat.com – Tips menjaga kesehatan jantung banyak dicari orang dan sangat penting untuk Anda terapkan. Sebab, Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Penderita penyakit ini kerap tak menduga bahwa dirinya terserang penyakit jantung. Untuk itu, kamu perlu memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh agar terhindar dari penyakit jantung koroner dan menghindari risiko kematian akibat serangan jantung.

Agar jantung tetap dalam kondisi sehat, terdapat beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

1. Rutin Berolahraga

Sebaiknya luangkan waktu setidaknya 20-30 menit untuk berolahraga atau melakukan aktvitas fisik ringan tiap hari. Hal ini diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jika ingin melakukan olahraga yang ringan, Anda bisa mencoba berjalan santai atau berenang, seperti yang dilakukan Vita Alvia dan Elina Joerg dalam program dietnya.

Saat kita berolahraga, jantung akan memompa darah lebih deras dan pembuluh darah jadi lebih lentur. Selain itu, oksigen juga akan terdistribusi ke seluruh tubuh dan membuat kita lebih sehat dan bugar.

2. Menjaga Pola Makan

Perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Sebab, salah satu pemicu penyakit jantung adalah makanan-makanan dengan tingkat lemak dan garam yang tinggi seperti fast food, sosis, daging asap, dan kebanyakan makanan yang Anda olah dengan teknik deep fry.

Bila Anda menginginkan jantung yang sehat, maka mulailah mengonsumsi jenis makanan segar seperti sayur-sayuran, ikan salmon, kacang-kacangan, dan makanan sehat lainnya.

3. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi lemak trans dan lemak jenuh bisa mneingkatkan kolesterol dalam darah. Kolesterol yang menumpuk akan menyumbat pembuluh darah pada jantung dan memicu terjadinya penyakit jantung.

Agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti kulit ayam, daging merah, makanan olahan, margarin, makanan yang digoreng, dan produk susu tinggi lemak.

4. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah organ penting dalam tubuh, akan menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Rutin berolahraga dam membatasi konsumsi minuman beralkohol merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah tekanan darah tinggi yang berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung.

5. Istirahat yang Cukup

Beristirahat secara teratur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya akan membantu menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, tidur yang cukup bisa mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas.

Itulah tadi penjelasan tentang tips menjaga kesehatan jantung yang harus Anda ketahui. Beragam langkah hidup sehat di atas dapat Anda lakukan mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagikan Halaman ini