3 Obat Tradisional Sesak Nafas Karena Asam Lambung

Obat tradisional sesak nafas karena asam lambung tentu sangat diminati mereka yang menderita penyakit sistem pencernaan ini.

Saat asam lambung naik, cairan asam tersebut bersentuhan dengan kerongkongan, bahkan masuk ke paru-paru. Kondisi tersebut yang kemudian menjadi pemicu dada terasa sesak akibat saluran udara yang menyempit.

Tidak hanya menyebabkan sesaf nafas, terkadang juga mengakibatkan batuk atau mengi. Dikutip dari Tribunnews, 85 persen penderita asam lambung akan merasakan sesak napas.

Jika gejala penyakit asam lambung semakin parah, ada baiknya Anda untuk segera berkonsultasi ke dokter guna memeriksa kesehatan yang Anda derita.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba meredakannya dengan obat tradisional sesak nafas akibat asam lambung naik. Berikut ulasannya,.

Obat Tradisional untuk Asam Lambung

Terdapat beberapa obat tradisional untuk asam lambung yang dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar. Berikut daftarnya.

1. Kunyit

Obat tradisional sesak nafas karena asam lambung yang pertama adalah kunyit. Tamanam rempah-rempah asal Asia ini mengandung kurkumin, senyawa yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakterdi dan antikanker.

Berikut langkah-langkah untuk membuat ramuan kunyit:

  1. Persiapkan 2 hingga 3 ruas kunyit, bersihkan dan kupas kulitnya
  2. Parut kunyit yang telah dikupas tersebut dan peras hingga mengeluarkan air
  3. Tuangkan ke dalam gelas dan minuman kunyit siap untuk dikonsumsi

Ramuan Jahe untuk asam lambung ini tidak seketika menyembuhkan sakit maag yang Anda derita. Khasiatnya dapat dirasakan secara maksimal jika diminum secara teratur sembari menerapkan pola hidup sehat.

2. Jahe

Jamuan jahe merupakan obat tradisional sesak nafas akibat asam lambung yang dapat menyembuhkan secara alami.

Salah satu rempah-rempah asal Asia ini efektif meredakan asam lambung karena mengandung fenolik yang meredakan iritasi gastrointestinal dan meredakan kontraksi lambung.

Artinya, jahe memiliki khasiat yang bisa mengurangi aliran asam menuju ke paru-paru, sehingga cepat meredakan sesak napas.

Terdapat 3 cara mengonsumsi jahe untuk meredakan asam lambung sebagai berikut:

  • Anda bisa mengupas dan memotong kecil-kecil Jahe secara langsung ke dalam makanan
  • Mengonsumsinya secara langsung dalam jumlah yang sedang setiap harinya
  • Menjadikannya minuman yang dicampur dengan madu seperti wedang jahe

3. Madu

Sejak dahulu, madu dipercaya sebagai obat tradisional untuk sesak napas karena asam lambung karena berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab rusaknya saluran pencernaan.

Selain itu, madu juga mampu mengobati peradangan di bagian kerongkongan yang terluka akibat naiknya asam lambung Anda.

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsinya satu makan sebelum makan. Bisa dilakukan dengan langsung meminumnya ataupun mencampurkannya dengan teh hangat.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, madu tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Hal itu dikarenakan madu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai obat tradisional sesak nafas karena asam lambung yang bisa Anda coba di rumah. Jika sakit masih berlangsung, atau bahkan semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter demi keberlangsungan hidup Anda.

Bagikan Halaman ini