Wanita

Ciri-ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan 7 Bulan

Seperti apa ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan 7 bulan? Bagaimana cara mengenalinya? Jangan khawatir, berikut penjelasannya!

Mungkin beberapa pertanyaan di atas akan muncul pada ibu hamil yang tengah memasuki trimester terakhir. Berbagai kekhawatiran akan kesehatan sang bayi merupakan rasa khawatir alami yang dirasakan oleh Bunda.

Perut yang semakin besar menandakan adanya perkembangan janin yang cukup signifikan mulai dari merasakan banyak pergerakan, hingga merasakan adanya perubahan fisik.

Ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan 7 bulan

Untuk mengenalinya, berikut adalah ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan 7 bulan yang berhasil Berita-sehat.com himpun dari berbagai sumber.

Tubuh semakin membengkak

Bayi sehat dalam kandungan 7 bulan dimulai dari tanda-tanda tubuh ibu yang semakin membengkak. Hal ini dikarenakan tubuh bayi yang mengalami perkembangan.

Secara umum, bayi usia 7 bulan memiliki berat rata-rata 6 hingga 9,5 kg dengan panjang kira-kira 65-73 cm. Bagian kepala bayi juga sudah semakin membesar.

Tubuh ibu yang semakin membengkak menandakan bahwa sang bayi sehat-sehat saja dalam kandungan.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk tetap memantau kenaikan berat badan sang ibu agar tetap ideal demi menghindari risiko terkena obesitas pada masa kehamilan.

Merasakan gerakan janin

Ciri bayi sehat dalam kandungan 7 bulan selanjutnya adalah bunda akan merasakan gerakan janin yang semakin terlihat jelas.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Pregnancy, Birth & Baby, janin yang bergerak menandakan jantung si buah hati dalam keadaan sehat.

Pergerakan ini akan semakin terasa seiiring penambahan berat badan si kecil dalam kandungan. Oleh sebab itu, jika bunda tidak merasakan adanya pergerakan dari janin saat usia kehamilan 24 minggu, disarankan untuk menghubungi dokter atau bidan.

Jumlah air ketuban normal

Untuk mengetahui jumlah air ketuban sebagai tanda dan ciri bayi sehat dalam kandungan, bumil perlu berkonsultasi dengan dokter.

Saat tengah diperiksa USG, umumnya dokter akan melakukan pengukuran panjang janin, detak jantung, kondisi fisik, dan jumlah cairan ketuban.

Dalam pemeriksaannya, dokter akan memastikan apakah kondisi air dari ketuban dalam jumlah sedikit atau banyak.

Perubahan payudara

Pada usia kandungan 7 bulan biasanya akan terlihat perubahan pada bagian payudara yang semakin membesar dan semakin padat.

Pembuluh darah di payudara juga akan terlihat semakin jelas. Selain itu, pada beberapa ibu hami juga akan mengalami perubahan warna puting menjadi lebih gelap.

Kenaikan volume darah

Tanda bayi sehat dalam kandungan 7 bulan yang selanjutnya adalah mengalami kenaikan volume darah. Kenaikan tersebut biasanya mencapai 30 hingga 50 persen dari biasanya.

Kenaikan volume darah ini tentu berguna untuk kebutuhan janin dan sebagai cadangan saat Bunda kehilangan bayak darah ketika persalinan.

Bunda mengalami sesak

Perkembangan pada janin berusia 7 bulan akan membuat ibu hamil merasakan perut yang semakin sesak.

Itu menandakan bahwa bayi sehat-sehat saja dan mengalami perkembangan yang semakin matang. Calon bayi bahkan sudah bisa merasakan suasana gelap dan terang.

Mudah kelelahan

Akibat dari pertumbuhan janin yang semakin berat, membuat ibu hamil lebih mudah merasa kelelahan.

Bahkan, bunda sudah tidak bisa lagi membungkuk lantaran bayi yang sudah bergerak semakin ke bawah.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan 7 bulan yang baik untuk diketahui para bunda di rumah.

Beberapa aktivitas diketahui bisa menjaga tubuh bunda tetap sehat selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala yang tidak normal.

Bagikan Halaman ini