Wanita

Jenis-jenis Maklon Kosmetik yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Maklon Kosmetik yang Perlu Anda Ketahui - Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan industri kecantikan di Indonesia mengalami kenaikan yang sangat pesat. Berbagai pertolongan atau jasa maklon kosmetik pun semakin marak digandrungi sebagai salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Lantas apa itu maklon? Maklon adalah salah satu layanan manufaktur produk dengan standar tertentu sesuai dengan permintaan konsumen penjualan oleh konsumen.

Mengutip PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK No. PER-70/PJ/2007, jasa maklon adalah pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (disubkontrakkan), yang spesifikasi, bahan baku dan atau barang setengah jadi dan atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

Jadi, tidak semua brand kosmetik itu memproduksi barang mereka sendiri, namun menggunakan jasa maklon kosmetik. Biasanya, pihak maklon sudah mengantongi izin dari BPOM untuk memproduksi suatu barang.

Seperti namanya, maklon kosmetik, layanan Maklon ini juga menghasilkan produk yang digunakan di dunia kecantikan, seperti lipstik, krim clearance wajah, debu padat, debu, pensil alis, pipi dan jenis kosmetik lainnya.

Jasa maklon kosmetik adalah layanan Maklon yang sudah memiliki sertifikat halal de mii, memiliki sertifikat CPKB dan juga mereka yang telah memperoleh izin BPOM resmi. Pada umumnya, perusahaan layanan kosmetik maklon akan membuat produk yang sesuai dengan permintaan untuk pengguna atau pesanan layanan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis maklon kosmetik yang banyak digunakan beberapa brand.

Skincare

Jenis maklon kosmetik skincare
Ilustrasi Skincare

Skincare adalah serangkaian produk kosmetik yang secara khusus diformulasikan untuk perawatan wajah. Skincare terdiri dari produk dengan berbagai manfaat, yang meliputi kecerahan, hidrasi, melunak dan membuat kulit wajah terlihat lebih sehat.

Adapun beberapa produk skincare yang biasanya menggunakan jasa maklon seperti krim pagi, krim malam, toner, facial wash, facial gel, moisturizer, sunscreen, dan masih banyak lainnya.

Lihat Juga: Cara Memakai Retinol Untuk Pemula

Lipstik

jenis maklon kosmetik lipstik
Ilustrasi lipstik

Lipstik merupakan pewarna bibir yang dikemas dalam bentuk batang padat (roll up) yang dibentuk dari minyak, lilin dan lemak.

Lipstik ini juga ada 5 jenis, di antaranya adalah lipstik pelembab, lisptik satin dan sheer, lipstik matte, Lipstik krim, lipstik pearl dan frosted.

Bedak

jenis maklon kosmetik bedak
Ilustrasi bedak

Berdak adalah salah satu jenis maklon kosmetik yang berbahan dasar debu. Biasanya, seperti bedak, eye shadow dan juga blush on. Bentuknya sederhana dan kecil juga mudah diterapkan.

Bedak sendiri memiliki berbagai jenis seperti bedak tabur, bedak padat, bedak glitter, meteorite, cair, mineral powder, hingga translucent.

Eye Liner

Maklon Kosmetik Eye Liner
Ilustrasi Eye Liner

Jenis maklon kosmetik selanjutnya adalah Eye Liner. Rahasia untuk terlihat menawan dengan riasan mata yang intens adalah meningkatkan penggunaan Eye Liner di bagian mata.

Eye Liner merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk membuat garis pada tepi bagian atas mata. Tujuannya mempercantik tampilan mata sehingga sorot mata menjadi lebih tajam.

Lihat Juga: Urutan Make Up yang Benar Agar Tahan Lama

Maskara

Maklon Kosmetik Maskara
Ilustrasi Maskara

Maskara adalah produk kecantikan yang biasa digunakan untuk memperindah mata. Maskara berfungsi untuk melentikkan, menebalkan, melembapkan bulu mata, bahkan bisa membuat bulu mata menjadi anti air.

Eye Primer

Maklon Kosmetik Eye Primer
Ilustrasi

Eye primer adalah salah satu produk makeup yang dapat membantu makeup area mata menjadi tahan lama dan tidak mudah memudar.

Menggunakan Eye primer dapat membantu nada warna kulit dan membuat warna eye shadow lebih hidup.

Nah, itulah beberapa contoh jenis ataupun produk maklon kosmetik yang perlu Anda ketahui. Jika Anda menggunakan maklon produk kecantikan, pastikan menggunakan bahan kosmetik yang aman dan tidak berbahaya.

Bagikan Halaman ini