Obat-Obatan

Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Ampuh

RockenBolle.net - Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Ampuh. Terdapat beberapa obat sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi baik secara alami maupun obat-obatan. Salah satu yang bahan alami yang bisa kamu konsumsi adalah teh dengan campuran madu.

Sakit tenggorokan atau biasa disebut radang adalah salah satu masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman di tenggorokan karena sulit berbicara.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab radang pada tenggorokan yang dapat menimbulkan rasa sakit bisa berupa infeksi bakteri atau virus. Namun, penyebab utama dari kondidi ini adalah infeksi virus yang menyebabkan pilek, batuk, flu, campak, cacar dan demam.

Terlepas dari itu, alergi, udara kering, polusi udara, naiknya asam lambung, dan cedera dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Secara umum sakit pada tenggorokan akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu.

Baca juga: Profil dan Biodata Nicola Reza Samudera

Obat Sakit Tenggorokan

Berikut ini beberapa obat sakit tenggorokan yang terbuat dari bahan alami yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan bahkan sampai menyembuhkan kondisi tersebut.

1. Madu

Obat alami yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan adalah madu. Kamu bisa mencampur madu ke dalam teh yang dikonsumsi sehari-hari.

Menurut penelitian, madu sama efektifnya dengan kandungan yang terdapat dalam obat batuk, dekstrometorfan, yang baik untuk meredakan batuk.

Madu juga lebih efektif dalam menghilangkan gejala batuk dibandingkan pengobatan tradisional lainnya karena mengandung antibiotik dan antihistamin diphenhydramine. Cobalah untuk mengonsumsi teh campur madu beberapa kali dan rasakan khasiatnya.

2. Berkumur dengan Air Garam

Kamu bisa berkumur dengan air garam karena efektif dalam meredakan radang tenggorokan. Bukan hanya itu, cairan ini juga dapat memecah sekresi dan membantu dalam mengatasi bakteri yang ada.

Cara membuat larutan ini adalah dengan mencampur segelas air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Lalu, berkumurlah dengan air campuran tersebut hingga pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan bisa teratasi dengan baik. Lakukan cara ini sekali dalam satu jam hingga terasa lebih baik.

3. Teh Chamomile

Teh jenis ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen yang baik dalam mengobati radang tenggorokan. Bahkan, dengan menghirup uapnya saja dapat membantu meredakan berbagai gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Teh ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar ampuh dalam melawan infeksi pada tenggorokan.

4. Konsumdi Antihistamin dan Pereda Nyeri

Kamu juga bisa mengonsumsi obat dengan kandungan antihistamin agar radang tenggorokan teratasi. Histamin merupakan bahan kimia di dalam tubuh yang berguna melawan zat asing.

Namun jika jumlahnya berlebihan, salah satu masalah yang bisa terjadi adalah sakit tenggorokan, sehingga mengatasinya dengan obat antihistamin.

Selain itu, beberapa obat dengan kandungan acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen juga sangat baik dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan dan area leher lainnya. Namun, sebaiknya konsumsi obat ini sesuai dengan resep dari dokter.

Demikianlah penjelasan mengenai obat sakit tenggorokan alami dan ampuh yang bisa kamu gunakan ketika berada dalam kondisi ini, semoga bermanfaat! Tetap jaga kesehatan!

Bagikan Halaman ini