Ramuan Herbal

Ramuan dari Bunga Wijaya Kusuma ini Baik untuk Kesehatan

Berita-sehat.com - Bunga Wijaya Kusuma atau kerap disebut dengan Sang Ratu Malam merupakan bunga unik yang mekar sekali dalam setahun dan hanya terjadi di malam hari. Dibalik keunikannya ramuan dari bunga Wijaya Kusuma ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit sehingga mempermudah kamu untuk menyairkan puisi pendek.

Bunga ini disebut dengan Sang Ratu Malam karena hanya mekar pada malam hari dan sangat sulit untuk diprediksi kapan waktunya akan mekar. Namun dibalik keunikannya, terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa menyembuh beberapa penyakit. Simak dibawah ini.

7 Ramuan dari Bunga Wijaya Kusuma yang Baik untuk Kesehatan

Berikut 7 ramuan dari bunga wijaya kusuma yang dapat mengatasi beberapa malasah kesehatan.

1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Bunga Wijaya kusuma memiliki kandungan yang bisa mengatasi radang tenggorokan.

Caranya yaitu, ambil 3-5 kelopak bunga, bersihkan, dan rebus di dalam air panas. Tunggu hingga dingin, lalu saring, kemudian minum dan lakukan secara rutin untuk hasil maksimalnya.

2. Ramuan dari Bunga Wijaya Kusuma untuk Mengatasi TBC

Salah satu cara untuk mengatasi TBC secara alami, yaitu dengan cara mengonsumsi ekstrak bunga wijaya kusuma secara rutin dan teratur. Kandungan ekstrak yang terdapat di dalam bunga ini berperan untuk mengobati TBC. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus bunga ini dan mengonsumsinya secara teratur dan berkala.

3. Melancarkan Sembelit atau Buang Air Besar

Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah yang dapat dialami oleh semua orang. Nah, manfaat dari bunga wijaya kusuma juga bisa melancarkan buang air besar. Caranya yaitu, rebus 500 cc air atau setara 2 gelas, kemudian masukkan 20 gram bunga dan juga batang wijaya kusuma.

Selanjutnya, campurkan dengan 70 gram lidah buaya, dan panaskan hingga air rebusannya tersisa setengah dari air rebusan awal. Kemudian tunggu hingga mendingin dan minum sampai habis. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seperti 2x sehari.

4. Mengobati Bisul

Manfaat lainnya dari bunga wijaya kusuma adalah dapat mengobati bisul yang ada di bagian tubuh. Caranya cukup mudah, yaitu ambil 10-15 gram bunga wijaya kusuma, lalu giling sampai halus dan tambahkan sedikit air agar mengental. Kemudian oleskan secara rutin sampai bisulnya menghilang.

5. Mengobati Nyeri Lambung

Untuk masalah nyeri lambung, rebuslah bunga wijaya kusuma sebanyak 5 kuntum bunga dan saring air rebusannya. Tunggu hingga dingin, kemudian minum sampai habis. Minum air rebusan wijaya kusuma secara rutin dapat meredakan nyeri lambung.

6. Mengobati Pendarahan Rahim

Bunga wijaya kusuma juga mampu mengatasi masalah pendarahan rahim. Resep untuk mengobati pendarahan rahim sama seperti untuk mengatasi radang tenggorokan, resepnya yaitu rebus 3-5 kelopak bunga wijaya kusuma dan minum secara teratur agar proses penyembuhan semakin cepat.

7. Ramuan dari Bunga Wijaya Kusuma untuk Mengatasi Jerawat

Bunga wijaya kusuma juga dapat digunakan untuk permasalahan kulit seperti jerawat. Bunga wijaya kusuma mengandungan anti mikroba yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi masalah jerawat, sediakan 2 kelopak bunga wijaya kusuma dengan 1 potong kecil daun lidah buaya.

Bersihkan terlebih dahulu bunga wijaya kusuma dan daun lidah buayanya, kemudian masukkan bunga wijaya kusuma ke wadah dan tumbuk sampai halus

Kemudian ambil gel-gel yang ada pada sepotong daun lidah buaya yang sudah dibersihkan tadi dan masukkan ke dalam tumbukkan bunga wijaya kusuma,, campurkan kedua bahan tersebut, giling dan haluskan secara bersamaan.

Bunga wijaya kusuma dan lidah buaya memiliki kandungan yang dapat dengat cepat mengangkat sel kulit mati serta mempercepat pertumbuhan sel baru. Terakhir, oleskan campuran wijaya kusuma dan daun lidah buaya yang sudah dihaluskan pada bagian wajah yang berjerawat dan pakailah seperti menggunakan masker wajah. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin dan masalah jerawat pun terselesaikan.

Demikian artikel mengenai ramuan herbal dari bunga wijaya kusuma ini baik untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini