BeritaGaya Hidup

15 Merk Shampo yang Mengandung Selenium Sulfida

Shampo yang mengandung selenium sulfida telah menjadi penyelamat bagi banyak orang yang mengalami masalah ketombe membandel.

Pasalnya, ketombe seringkali menjadi masalah umum pada kulit kepala yang dapat mengganggu percaya diri seseorang dan kesehatan rambut.

Saat ketombe menjadi membandel dan sulit diatasi dengan shampo biasa, solusi yang efektif perlu ditemukan. Inilah saatnya shampo yang mengandung selenium sulfida hadir sebagai pilihan terbaik.

Melansir dari Journal Derma Net All About The Skin, selenium sulfida adalah senyawa kimia yang mengandung zat anti infeksi terbukti efektif mengatasi masalah ketombe sejak lama. Zat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur akibat ketombe.

Jamur ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, meradang, dan mengelupas, menghasilkan ketombe yang seringkali sangat membandel.

Keberadaan shampo ini ampuh dalam menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan begitu, tidak hanya ketombe yang bisa diatasi, tetapi juga mencegah ketombe baru muncul.

Selain itu, shampo berbahan selenium sulfida juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan iritasi pada kulit kepala. Hal ini sangat penting bagi kamu yang mengalami ketombe dengan gejala gatal dan peradangan.

Lantas, apa saja shampo yang mengandung selenium sulfide? Berikut kami akan berikan rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Yuk, simak ulasan selengkapnya hingga akhir, ya!

1. Sunsilk Hijab Refresh Anti Dandruff

Produk Sunsilk Hijab Refresh Anti Dandruff adalah pilihan istimewa untuk wanita berhijab yang peduli dengan kesehatan rambut. Jangan abaikan kesehatan kulit kepala, walaupun kamu berhijab.

Masalah kulit kepala yang diabaikan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Sunsilk telah merumuskan formula khusus dengan campuran buah tin, jeruk nipis, dan ZPT untuk menyegarkan kulit kepala dan mencegah masalah ketombe.

2. Pantene Anti Dandruff Shampoo

Salah satu shampo yang mengandung selenium sulfida yaitu Pantene Anti Dandruff, tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari ukuran kecil hingga besar, hampir mencapai 1 liter.

Jika kamu yakin bahwa shampo ini cocok untukmu, kamu bisa memilih untuk membeli ukuran besar karena harga akan lebih ekonomis.

3. Dove Shampoo Anti Ketombe

shampo yang mengandung selenium sulfida

Shampo yang mengandung selenium sulfida berikutnya adalah Dove shampoo anti ketombe. Selain itu, shampoo ini juga dilengkapi dengan kandungan Zinc Pyrithione yang membuat fungsinya lebih maksimal dalam merawat rambut dan kulit kepala.

Hal itu pula yang membuatnya berbeda dari shampo lain karena adanya serum micro moisture yang dapat memberi nutrisi pada rambutmu dari akar hingga ujung. Shampo ini juga aman digunakan setiap hari dengan takaran yang sesuai.

4. Shampoo Wardah Anti Dandruff

Mengandung tea tree oil dan zinc actives yang efektif mengatasi ketombe pada kulit kepalamu. Wardah adalah merek lokal yang mengusung konsep produk halal, sehingga aman digunakan.

Selain itu, apabila kamu mengalami masalah rambut gatal akibat kutu, juga bisa menggunakan shampoo tea tree oil untuk kutu rambut.

5. L’Oreal SerieExpert Instant Clear

Biasanya, kulit kepala yang mengalami ketombe dapat terasa tidak nyaman, bukan? Shampo L’oreal SerieExpert ini mengandung Bisabolo, yang memberikan rasa segar pada kulit kepalam setelah keramas dan dapat bertahan lama.

6. Natur Shampoo Tea Tree Oil

shampo yang mengandung selenium sulfida

Shampo ini menggunakan bahan alami dalam produknya, seperti yang tercantum dalam namanya, yaitu tea tree oil.

Tea tree oil memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu rambut, ketombe, serta menjaga kulit kepalamu dari kekeringan dan kelebihan minyak.

Selain itu, skstrak ginseng dalam shampoo ini juga berperan penting dalam mengatasi gatal akibat ketombe serta melindungi rambut dari polusi dan sinar matahari. Terakhir, ekstrak urang aring menjaga kulit kepala tetap lembab.

7. Erhair Scalperfect

Erhair merupakan produk dari Erha Clinic, mengandung Climbazole dan Piroctone Olamine sebagai agen anti jamur dan anti bakteri untuk mengatasi ketombe.

Selain itu, Erha juga menambahkan Green Tea Extract & Lavender Oil untuk menghilangkan gatal dan meredakan peradangan pada kulit kepala.

Kandungan tambahan ini juga membantu menjaga keseimbangan kulit kepala serta memberikan aroma alami yang menenangkan.

8. Tresemme Scalp Care

Selanjutnya shampo yang mengandung selenium sulfida ini dapat mengatasi masalah ketombe dan kerontokan rambut. Shampo ini juga memiliki aroma yang enak dan tahan lama.

Dengan Zinc Mineral & Pro-Nutri Essence, juga dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran. Penggunaan rutin akan membuat rambut tampak lebih kuat, lebih hitam, dan tentunya bebas dari ketombe.

9. Shampo Vichy Dercos

shampo yang mengandung selenium sulfida

Cocok untuk kulit kepala berminyak atau kering dalam mengatasi masalah dermatitis seboroik. Tetapi, mengandung pewangi, sulfat, silikon, dan beberapa bahan lain yang mungkin bisa menyebabkan iritasi.

Jika kamu mencari cara menghilangkan ketombe yang paling efektif tanpa resep dokter, produk ini tetap aman apabila digunakan secukupnya.

10. Davine's Natural Tech Purifying

Salah satu shampo yang mengandung selenium sulfida ini berbeda dari shampo anti-ketombe biasanya. Dengan bahan anti-jamur yang efektif menjadi formula alami dan ramah lingkungan yang bisa memberikan solusi tepat bagi kamu mengalami ketombe parah.

Namun, sayangnya, shampo ini mengandung terlalu banyak bahan yang bisa menyebabkan dermatitis, pastikan memakai sewajarnya, ya.

11. Selulosa Anti Dandruff

Jika kamu sedang mencari merk shampo dengan kandungan 2.5% selenium sulfida, Selulosa Anti Dandruff mungkin bisa menjadi pilihan.

Tetapi, disarankan tidak digunakan setiap hari karena mengandung 9 dari 13 bahan yang dikenal bisa menyebabkan dermatitis. Meskipun demikian, shampo ini terbukti efektif dalam mengatasi masalah ketombe.

12. Selsun Blue

shampo yang mengandung selenium sulfida

Merk shampo yang mengandung selenium sulfida juga termasuk dalam daftar shampo anti ketombe yang sangat efektif.

Di dalamnya terdapat lidah buaya yang bisa mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut tampak lebih tebal. Selain itu, kandungan 1% selenium sulfida di dalamnya efektif mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Gunakan shampo ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik. Setelah penggunaan, kulit kepala akan terasa segar karena efek menthol yang ada di dalamnya.

13. Head & Shoulders

Head and Shoulders memiliki berbagai varian, salah satunya adalah varian cool menthol. Kandungan menthol dalamnya memberikan sensasi dingin yang menyegarkan.

Shampo ini juga merupakan yang nomor 1 di dunia mampu membersihkan kulit kepala dari ketombe dan menjaga kelembabannya.

14. Ginger Anti Dandruff

Shampo untuk kulit kepala kering dari The Body Shop memiliki formula yang efektif mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala yang kering serta bersisik.

Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal. Anda juga dapat menggunakan kondisioner yang sama setelah menggunakan sampo. Produk ini terbuat dari bahan alami.

15. Sebamed Anti Dandruff

Selanjutnya, shampo ini memiliki pH 5,5 yang ideal untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Dapat melindungi lapisan asam kulit kepala sehingga rambut tumbuh lebih sehat.

Kandungan piroctone olamine bekerja efektif menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur. Produk ini bahkan diklaim dapat menghilangkan ketombe hingga 50% hanya dalam 14 hari saja.

Pilihlah salah satu dari shampo yang mengandung selenium sulfida yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan rasakan kulit kepala yang sehat dan bebas dari ketombe.

Jadi, jangan biarkan ketombe mengganggu kesehatan dan percaya diri kamu, ya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat!

Bagikan Halaman ini