Cara Memutihkan Gigi Kuning Menggunakan Pemutih Gigi Alami

Berita-sehat.com – Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Gigi yang berwarna kuning akan sangat mengganggu aktivitas karena membuat kita kurang percaya diri. Berikut cara memutihkan gigi kuning menggunakan pemutih gigi alami.

Namun sebelum dilanjut, kamu perlu tahu bahwa seiiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penurunan fungsi tubuh. Hal ini biasa dialami orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Salah satu fungsi tubuh yang perlu diperhatikan adalah kesehatan gigi. Jika gigi atau gusi sudah terinfeksi, maka kuman penyebab infeksi yang ada didalam mulut akan dengan mudah menyebar ke organ lain. Dan jika sudah menyebar, akan muncul berbagai penyakit ringan hingga berat.

Penyebab Gigi Kuning

Kondisi gigi kuning adalah masalah gigi dan mulut yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Seiiring bertambahnya usia, warna gigi cenderung menguning dan juga kusam. Tidak sedikit juga anak-anak bahkan remaja yang mengalami gigi menguning. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, baik dari segi pola hidup maupun dari jenis makanandan minuman yang dikonsumsi.

Pada umumnya, gigi manusia tidaklah sepenuhnya berwarna putih susu atau seperti porcelain. Gigi cenderung berwarna putih sedikit kekuningan. Warna gigi terluar yang keras dan kuat berasal dari lapisan enamel.

Namun, terkadang lapisan enamel tersebut bisa terkikis dan rontok ketika kamu menyikatnya terlalu keras, pengaruh makan makanan dan minuman yang mengandung asam juga menjadi salah satu penyebabnya, dan penyebab lainnya.

Disaat lapisan itu mulai terkikis, maka lapisan dentin akan terkontaminasi dengan lingkungan luar. Lapisan dentin yang muncul inilah yang menjadi penyebab gigi kuning. Faktor-faktor lain yang juga menjadi penyebab gigi kuning, yaitu:

1. Jarang Menyikat Gigi

Setiap hari, kita pasti makan dan minum. Kotoran yang ditinggalkan makanan dan minuman yang dikonsumsi akan membuat gigi terlihat kotor. Penumpukan plak atau kotoran pada gigi adalah awal dari semua masalah yang menyerang gigi dan mulut.

Jika kamu jarang meyikat gigi, kemungkinan gigi kamu akan semakin terlihat kotor, menguning dan kusam. Mulut pun akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

2. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Penyebab gigi kuning yang paling nyata dijumpai selain jarang menyikat gigi, yaitu terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan perokok berat. Hal ini biasa dialami orang-orang yang setiap harinya selalu meminum kopi, teh, serta merokok dengan jumlah yang banyak.

Minuman yang mengandung soda juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning. Makanan yang menyebabkan gigi berwarna kuning adalah makanan yang mengandung pewarna buatan dan kandungan gula yang tinggi.

3. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan menyikat gigi terlalu keras juga akan mempengaruhi kondisi gigi kita. Karena lapisan terluar pada gigi semakin menipis, sehingga lapisan tengah gigi muncul dan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning.

4. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur memang membantu membersihkan gigi dan membuat mulut terasa segar. Namun, penggunaan obat kumur yang terlalu sering menyebabkan gigi kering serta dapat merusak email gigi.

Mulut kita dirancang untuk tetap basah dan air liur berperan dalam menjaga kelembapan mulut. Menggunakan obat kumur yang terlalu sering, dapat mengurangi fungsi air liur yang selalu menjaga tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, serta mencegah noda yang menempel pada enamel gigi.

5. Penuaan

Penyebab gigi kuning yang satu ini juga sudah dijelaskan sebelumnya. Disaat manusia sudah mencapai umur 40 tahun lebih, akan rentan mengalami masalah gigi dan mulut. Karena lapisan enamel yang semakin terkikis.

6. Mengonsumsi Obat-obatan tertentu

Beberapa obat yang kita konsumsi, juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning dan merusak fungsi gigi. Berikut beberapa obat yang dapat menyebabkan gigi berwarna kuning.

• Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin
• Glibenclamide
• Obat kumur chlorhexidine
• Obat antihistamin tertentu
• Obat antipsikotik
• Obat untuk penyakit darah tinggi

7. Riwayat Medis Tertentu

Penyebab gigi kuning tidak selamanya disebabkan makanan, minuman maupun obat-obatan. Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan gigi menguning dan rusak, seperti penyakit yang mengharuskan melakukan kemoterapi.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Menggunakan Pemutih Gigi Alami

Sehari-harinya kita pasti akan menyikat gigi pagi, siang maupun malam sebelum tidur. Hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan ketika ingin memutihkan gigi adalah menggunakan odol pemutih gigi.

Hal ini dilakukan karena mengingat kebiasaan menyikat gigi setiap harinya. Namun ada cara alami yang bisa digunakan untuk merawat dan memutihkan gigi. Berikut beberapa cara memutihkan gigi kuning menggunakan pemutih gigi alami.

1. Baking Soda

Kamu pasti tidak menyangka bahwa baking soda dapat membantu memutihkan gigi. Karena yang kita tahu bersama, banking soda biasa digunakan dalam pembuatan roti dan kue. Secara tidak langsung, baking soda memiliki kandungan alami yang mampu menghilangkan noda dan memutihkan gigi.

Kamu cukup mencampurkan 1sdt baking soda dengan 2sdt air, aduk hingga teksturnya seperti pasta. Gunakan campuran tersebut sebagai pengganti odol pemutih gigi yang biasa kamu pakai. Ulangi kegiatan tersebut beberapa kali dalam seminggu.

Kamu juga bisa mencampurkan buah stoberi dengan baking soda dan garam sehingga membentuk pasta. Dan jadikan sebagai pengganti odol pemutih gigi. Vitamin C yang terdapat pada stroberi berperan menghancurkan plak penyebab gigi kuning.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat membantu menghilangkan masalah gigi kuning. Kamu hanya cukup berkumur dengan minyak kelapa sebanyak 1-2sdt selama 10-30 menit. Jangan sampai minyak kelapa bekas kumuran tertelan, karena bakteri yang ada pada mulut akan ikut masuk kedalam alat pencernaanmu yang lainnya.

Setelah berkumur, bersihkan mulut menggunakan air bersih dan jangan lupa menyikat gigi. Kemudian minumlah segelas air putih setelah berkumur.

3. Cuka Apel

Kamu juga bisa menggunakan cuka apel sebagai pemutih gigi alami. Namun perlu kamu ingat, jangan gunakan bahan ini terlalu sering karena dapat merusak permukaan gigi.

Campurkan 2sdt cuka apel dengan satu gelas air, kemudian berkumur menggunakan campuran tersebut selama 30 detik. Setelah itu, buang air bekas berkumur dan lanjut dengan menyikat gigi.

4. Activated Charcoal

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel menggunakan pemutih gigi alami yang terakhir adalah activated charcoal atau arang aktif. Bahan ini berfungsi menghilangkan noda pada gigi dan juga menghilangkan bakteri serta racun yang ada pada mulut.

Saat ini activated charcoal sudah bisa kamu temukan didalam campuran odol pemutih gigi yang sudah banyak diperjual belikan di pasaran.

Itulah cara memutihkan gigi kuning menggunakan pemutih gigi alami. Sahabat RockenBolle berharap, kita semua memiliki gigi dan mulut yang sehat, agar lebih percaya diri lagi bertemu dengan orang lain. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. See you..

Bagikan Halaman ini