Gaya Hidup

Efek Kecanduan Bermain Game Bagi Kesehatan Anak

Bermain game adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan karena dapat mengasah otak anak untuk terus berpikir. Namun, kecanduan bermain game memiliki efek buruk bagi kesehatan anak.

Anak-anak cenderung menyukai hal -hal yang menyenangkan bagi mereka tanpa mengetahui efek buruk pada kesehatan tubuh mereka jika mereka dilakukan terus menerus. Anak -anak juga bersedia menghabiskan banyak waktu fokus bermain game.

Meskipun orangtua menggunakan permainan untuk menghibur anak-anaknnya agar mereka tidak bawel, tetapi orangtua juga perlu mengetahui efek samping yang akan diterima saat anak mengalami yang namanya kecanduan game.

Anak-anak yang kecanduan bermain game biasanya ditandai dengan kecemasan dan mudah marah ketika ibu tidak membiarkan mereka bermain. Mereka tidak peduli dengan orang ketika mereka bermain dan ini merupakan tahap terpenting yang perlu orangtua ketahui dalam mendidik anak.

Untuk itu, ada baiknya bagi Anda agar mengetahui beberapa efek kecanduan bermain game bagi kesehatan tubuh dan mental anak.

Efek Kecanduan Game Bagi Kesehatan Mental Anak

1. Agresif

Saat anak sedang dalam fase kecanduan main game, anak cenderung lebih agresif dan sering kehilangan kendali karena menganggap game sebagai dunia nyatanya.

Karena dapat menghabiskan berjam-jam hanya untuk bermain game, sebagian besar pecandu game punya hubungan relasi yang kurang baik akibat emosi nggak stabil dan nunjukin sikap anti sosial di kehidupannya sehari-hari.

2. Depresi

Majalah yang diterbitkan oleh CyberPsychology, Behavior and Social Networking pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa opium untuk permainan yang mengandung kekerasan dapat meningkatkan risiko depresi.

Studi dan penelitian juga menyimpulkan bahwa mentalitas seseorang dapat dipengaruhi oleh permainan yang serius dari kecanduan main game yang ia alami.

Suasana hati yang tidak menyenangkan, emosi eksplosif, kemarahan, kesedihan dan perasaan kosong dapat terus muncul karena sering bermain game, terutama yang mengandung kekerasan atau sadisme.

Hal tersebut menumpuk dan membuat penderita terpaksa harus mendapatkan bantuan dari para profesional sebelum terlambat.

3. Kecemasan yang Berlebihan

Sebuah studi menyatakan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kecanduan game dengan kecemasan akut yang saling terikat satu sama lain. Akibat be

Bermain game dengan tepat sebenarnya bisa menjadi terapi bagi penderita anxiety atau kecemasan berlebihan dan mungkin menjadi salah satu terapi yang menjanjikan.

Akan tetapi, jika waktu bermain game menjadi tidak terkontrol, justru dapat memperparah penyakit anxiety.

Artinya, ada kecenderungan bagi mereka yang menderita kecemasan justru malah kecanduan bermain game. Oleh sebab itu, bermain game bisa diibaratkan dua mata pisau yang bisa menjadi bumerang bagi penderita anxiety.

4. Menimbulkan Gejala Halusinasi

Halusinasi pada remaja yang kecanduan game online bisa berakibat fatal. Seorang remaja dapat penuh dengan pikirannya dengan semua sesi game online yang telah berlalu atau di masa depan.

Gejala halusinasi yang muncul dapat ditandai oleh seseorang akan membuat serangkaian adegan dalam permainan ke dunia nyata, adegan tidak hanya menempatkannya dalam bahaya, tetapi juga dapat berdampak pada orang lain.

5. Gangguan Mental

Ini adalah salah satu pengaruh game online terhadap kesehatan jiwa. Bahkan, masalah kecanduan game ini sudah menarik perhatian organisasi kesehatan dunia (WHO). Hasil penilitian mereka menetapkan bahwa kecanduan bermain game (game disorder) sebagai penyakit gangguan mental.

Efek Kecanduan Bermain Game Bagi Kesetahan Tubuh

Selain memiliki dampak pada mental, kecanduan bermain game juga memiliki dampak bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahuinya, simak terus artikel ini sampai habis.

1. Timbulnya Gangguan Motorik

Ketika seseorang kecanduan bermain game, membuatnya lupa akan waktu dan bisa menghabiskan berjam-jam menatap layar hp ataupun komputer.

Hal tersebut dapat memicu mata kering dan iritasi, bahkan jika terlalu lama terpapar sinar biru dari perangkat smartphone ataupun laptop juga dapat menyebabkan beberapa masalah mata lainnya dan bahkan sampai kebutaan.

2. Gangguan Persendian

Anda tidak dapat menyangkal anak-anak yang menghabiskan banyak waktu saat bermain game jika mereka akan makan dan lebih sedikit saat bermain. Anak-anak malas untuk bergerak dan bangun karena mereka tidak ingin kehilangan permainan yang mereka mainkan.

Makanan dan konsumsi berlebihan akan menyebabkan efek buruk pada kesehatan anak -anak, obesitas. Sejauh mungkin, orangtua harus membantu anak-anak agar berhenti bermain ketika mereka harus makan dan mengundang anak-anak untuk pindah.

Saat bermain game, anak tanpa sadar akan memiliki posisi duduk yang statis dan tidak berubah. Hal itu dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan nyeri pada persendian.

Selain itu, tangan yang fokus dengan permainan akan melukan gerakan-gerakan yang berulang sehingga berpotensi menyebabkan rasa nyeri di bagian persendian tangan.

Nah, itulah beberapa efek negatif kencanduan bermain game bagi kesehatan anak yang perlu Anda ketahui sebagai orangtua yang baik.

Bermain game sebenarnya banyak manfaatnya, bahkan seseorang bisa menghasilkan uang hanya dengan bermain game. Namun, perlu digarisbawahi jika sesuatu yang berlebihan itu akan berdampak buruk. Jika kamu tertarik untuk mengetahui seputar tips dan trik bermain game, kamu bisa berkunjung ke EziGame sebagai referensi di kala kamu bingung mau main apa. Saat bermain, jangan sampai lupa waktu, ya!

Bagikan Halaman ini