Obat-Obatan

Jangan Tertipu, Kenali Ciri Obat Pelangsing Berbahaya

Terdapat obat diet instan yang beredar di pasaran, namun ada hal yang perlu Anda perhatikan demi menjaga kesehatan jangka panjang. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri obat pelangsing yang berbahaya bagi tubuh.

Tak jarang, obat pelangsing sering digunakan untuk sebagai alternatif cepat untuk menurunkan berat badan. Biasanya pengguna obat ini adalah orang-orang yang memiliki masalah pada postur berlebihan pada tubuh mereka, contohnya para wanita.

Akan tetapi, banyak dari mereka yang terjebak atau terperdaya oleh obat pelangsing abal-abal yang berbaha bagi kesehatan tubuh.

Berbagai diksi menarik akan ditawari oleh produsen obat langsing palsu demi menggaet pasien-pasiennya.

Untuk menghindarinya, berikut adalah ciri-ciri obat pelangsing berbahaya yang penting untuk Anda ketahui.

1. Harga Murah

Biasanya, para produsen obat pelangsing abal-abal akan menawarkan produk mereka dengan harga yang murah dengan iming-imginh lebih “Worth It”.

Harga yang ditawarkan pun begitu tidak masuk akal karena tidak sesuai dengan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saat melakukan diet.

Sebaiknya, Anda tidak langsung tergiur dengan harga murah yang disuguhkan. Lebih baik untuk memikirkan kembali tentang bahaya yang sedang mengintai Anda melalui sebutir ataupun sesendok obat pelangsing berbahaya.

2. Tidak Ada Komposisi

Menurut Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang Kriteria dan Laksana Registrasi Obat, setiap produk kesehatan yang berbahan kimia harus menyertakan deskripsi dan komposisi di dalam atau luar kemasan.

Hal tersebut dilakukan agar para konsumen mengetahui zat apa saja yang akan masuk ke tubuh setelah mengonsumsi obat tertentu.

Nah, biasanya obat pelangsing abal-abal tidak pernah menyertakan komposisi yang ada pada produk mereka.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari yang namanya obat pelangsing tanpa komposisi. Jadi konsumen harus pintar kreatif sedikit, ya! Jangan termakan sama omongan ataupun testimoni orang lain.

3. Mengandung Phenolphthalein dan Sibutramine

Ciri obat pelangsing berbaya biasanya memiliki kandungan kimia Phenolphthalein dan Sibutramine yang bisa berisiko mengganggu kesehatan tubuh.

Bahkan, bila zat tersebut masuk ke dalam tubuh secara berkala dapat mengakibatkan efek samping seperti pusing, lemas, dehidrasi, hingga beberapa gejala lainnya. Hal ini tentu akan menyebabkan timbulnya berbagai Macam Penyakit yang ujung-ujungnya akan menyusahkan Anda.

4. Tidak Memiliki Izin

Pada umumnya, para penjual produk obat langsing berbahaya tidak akan mempunyai izin produksi lantaran kandungan berbahaya yang ada pada barang mereka.

Mengapa demikian? Karena setiap produk obat ataupun makanan yang beredar secara Legal di Indonesia harus memiliki izin dari intitusi BPOM.

Proses kepemilikan izin juga harus melalui beberapa seleksi, salah satunya mengetahui zat yang ada dalam suatu produk.

Jadi, jangan langsung percaya dengan iming-iming mudah langsing dalam sekejap, ya! Namun perhatikan juga izinnya, dan pastikan bahwa produk yang akan Anda makan tersebut terdaftar di BPOM.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai ciri obat pelangsing berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang Anda.

Bahkan, Ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Angel Planells mengingatkan bahwa penurunan berat badan membutuhkan kerja keras seperti kerja keras dalam hal menjaga kesehatan, menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, aktif secara fisik, serta menjaga kesehatan mental.

Tak lupa, Anda juga harus memastikan bahwa tubuh harus memiliki waktu tidur yang cukup untuk istirahat dan pemulihan. Jadilah seperti para Idol Kpop yang selalu menerapkan diet sehat dan alami demi menunjang karier dan pekerjaan mereka.

Jika memang Anda punya niat untuk menurunkan berat badan, Anda perlu menerapkan Prinsip Diet yang ketat dan juga sehat seperti menghindari makanan-makanan berkolestrol tinggi, hingga rajin berolahraga.

Bagikan Halaman ini