7 Minuman Olahraga Terbaik yang Menyegarkan Tubuh

Minuman olahraga terbaik sejatinya terbuat dari isotonic yang bagus untuk mengisi cairan tubuh setelah berolahraga.

Minuman ini juga baik untuk dikonsumsi ketika lelah usai menjalani padatnya aktivitas sehari-hari. Minuman isotonik terbaik mengandung karbohidrat, mineral dan elektrolit yang dapat terserap dengan cepat ke dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tepat setelah berolahraga. Hal itu karena tubuh kehilangan banyak cairan karena keringat yang keluar dan menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah ginjal, kesulitan daya tahan, serta dapat menghambat penyembuhan setelah cedera.

Selain konsumsi air putih terdapat beberapa minuman olahraga yang bisa menjadi penggantinya.

Oleh karena itu, berikut adalah daftar minuman olahraga terbaik yang menyegarkan tubuh untuk kamu yang kehabisan cairan usai berolahraga.

1. Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh setelah aktivitas olahraga seperti lari, workout, dan senam.

Air kelapa memiliki manfaat pemulihan yang sama seperti air putih dan minuman olahraga lainnya. Berdasarkan sebuah studi, air kelapa memiliki kandungan kalium yang jumlahnya lima kali lebih banyak dari minuman olahraga lainnya.

Perlu untuk diketahuim Kalium merupakan zat elektrolit yang penting yang hilang jika tubuh berkeringat.

Oleh sebab itu, air kelapa dikatakan menjadi minuman pemulihan alami yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

2. Jus Jeruk

Jus buah-buahan memang minuman yang terbaik untuk dikonsumsi setelah olahraga, salah satunya adalah jus jeruk.

Minuman ini dapat menggantikan mineral-mineral yang hilang saat Anda berkeringat. Selain itu, jeruk juga memiliki sejumlah vitamin yang berguna untuk tubuh.

Saat berolahraga, tubuh menggunakan gula sebagai energi menggerakkan otot-otot. Nah, gula alami dalam jus jeruk (jeruk asli) dapat menggantikan gula yang hilang tersebut.

3. Susu Cokelat

Susu cokelat merupakan minuman olahraga terbaik untuk diminum setelah olahraga. Selain rasanya yang enak, manfaat yang diberikan juga baik bagi tubuh. Hal ini karena susu cokelat memiliki banyak kandungan seperti protein, kalsium dan karbohidrat.

Kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan demi proses pemulihan dan perkembangan otot-otot tubuh yang tentunya menjadikan hidup lebih sehat.

Anda bisa mengkreasikannya dengan es agar menambah rasa segar dalam minuman susu coklatnya.

4. Pocari Sweat

Siapa sih yang tak mengenal minuman isotonik yang satu ini? Iklannya tersebar dimana-mana dan telah berlangsung sejak lama.

Pocari Sweat adalah minuman isotonik yang mengandung 5 ion penting bagi tubuh, yaitu sodium, kalium, magnesium, klorida, dan kalsium.

Ion-ion tersebut dapat bekerja dengan baik untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumi setelah berkeringat usai berolahraga.

Apalagi, Kalium yang ada di Pocari berfungsi untuk mendukung transmisi sinyal saraf dan kontraksi otot, sehingga dapat mencegah terjadinya kram.

5. Iso Plus

Minuman olahraga terbaik selanjutnya adalah Iso Plus yang terdiri atas vitamin C serta7 kandungan ion, yakni kalsium, kalium, klorida, laktat, magnesium, natrium, dan sitrat.

Minuman ini mudah diserap tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang setelah berolahraga ataupun karena aktivitas sehari-hari.

6. Coolant Bengkoang

Minuman isotonic memang selalu menjadi andalan untuk dikonsumsi usai berolahraga, salah satunya Coolant Bengkoang.

Coolant sendiri merupakan minuman menyegarkan yang terbuat dari bunga krisan yang memiliki kandungan vitamin A, B, dan C.

Selain membantu menghilangkan rasa dahaga, kandungan natrium yang ada pada Coolant membantu menjaga keseimbangan cairan dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

7. Activ Water Apple-Peach

Activ Water adalah minuman isotonic yang mengandung berbagai vitamin dan mineral (Zinc) untuk menemani segala aktivitas berat seperti berolahraga.

Minuman isotonic yang satu ini tidak mengandung pengawet, pewarna sintetik dan pemanis buatan.

Nah, itulah beberapa minuman olahraga terbaik yang bisa kamu konsumsi setelah kehilangan banyak cairan. Pilihlah produk mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan tidak disarankan bagi kalian yang memiliki riwayat cuci darah atau penyakit ginjal lainnya.

Bagikan Halaman ini