Obat-Obatan

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Rasa sakit dan tidak nyaman yang timbul akibat sakit gigi dapat mengatasinya dengan mengonsumsi obat sakit gigi paling ampuh. Obat sakit gigi banyak sekali di temukan di apotek dan resep dari dokter.

Umumnya, sakit gigi terjadi karena gigi berlubang, patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Biasanya sakit yang timbul akan bersamaan dengan sakit lainnya seperti sakit kepala atau sampai demam.

Cara mengatasi gigi sakit yang paling ampuh adalah dengan memeriksakan diri ke dokter agar sakitnya dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Obat Sakit Gigi

Berikut ini obat sakit gigi paling ampuh yang bisa kamu pakai untuk mengatasi rasa sakit yang kamu alami sampai sembuh. Simak selengkapnya!

Ibuprofen

Obat ini tergolong ke dalam obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul dan sirop.

Selain itu, obat inni bekerja dengan cara mengurangi pembengkaka dan nyeri yang terjadi karena peradangan oleh tubuh. Oleh sebab itu, ibuprofen adalah obat yang umum untuk mengatasi sakit gigi.

Walaupun terbilang ampuh, tidak boleh mengonsumsi obat ini secara berlebihan dalam jangka waktu yang panjang. Konsumsi tersebut dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut yagn Ampuh

Paracetamol

Paracetamol bisa jadi obat alternatif obat sakit gigi bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi Ibuprofen. Berbeda dengan obat sebelumnya, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak.

Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Jika mengonsumsinya dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan hati.

Benzocaine

Obat sakiti gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot dan berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa).

Obat ini bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, dalam istilah lain methemoglobinemia, yaitu jumlah oksigen dalam darah berkurang.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Naproxen

Naproxen adalah obat pereda nyeri yang biasa untuk obat sakit gigi paling ampuh. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg.

Untuk kamu yang mengonsumsi obat ini, perlu memerhatikan efek sampingnya. Beberapa efek samping yang umum terjadi jika meminum obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit dan perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

Demikianlah penjelasan mengenai obat sakit gigi paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit gigi yang tidak karuan.

Pastikan untuk mengonsumsi obat-obat ini secaa teratur dan sesuai dengan dosisnya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini