Makanan

Makanan yang harus dihindari penderita Asam Urat

RockenBolle.net - Penyakit asam urat adalah radang sendi yang dapat menyebabkan nyeri dan bengkak yang disebabkan oleh tingginya kandungan asam urat di dalam tubuh kita. Ini juga terjadi karena adanya penumpukan zat yang disebut dengan asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang berlebihan juga dapat menimbulkan batu ginjal.

Makanan yang dikonsumsi juga merupakan faktor penyebab kadar asam urat menjadi tinggi. Maka dari itu kita harus tetap menjaga pola makan. Lalu, apa saja makanan yang tidak boleh/dilarang dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat

Jeroan (bagian dalam hewan)

Jeroan hewan seperti ati, jantung, usus, ampela, otak, babat, paru-paru merupakan penyebab asam urat tinggi. Itu dikarenakan bagian dalam hewan memiliki kadar purin yang sangat tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat.

Purin adalah senyawa kimia dimana dalam beberapa makanan akan berubah menjadi asam urat jika dikonsumsi.

Seafood (makanan laut)

Makanan pantangan bagi penderita asam urat selanjutnya adalah makanan laut atau seafood. Beberapa jenis seafood seperti ikan teri, kerang, sarden dan tuna mengandung purin yang cukup tinggi. Namun manfaat kesehatan secara keseluruhan dari seafood mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat jika dikonsumsi.

Namun ada juga beberapa makanan laut yang masih bisa dikonsumsi tetapi tidak boleh berlebihan seperti ikan salmon, lobster, udang dan kepitiing.

Makanan olahan

Makanan olahan seperti kornet, abon, hingga makanan cepat saji lainnya mengandung purin yang tinggi. Bahkan rata-rata makanan olahan itu memiliki pengawet. Maka dari itu bagi anda yang penderita asam urat harus menghindari jenis makanan ini.

Daging merah

Penderita asam urat selalu disarankan untuk membatasi asupan daging merah untuk di konsumsi. Dokter atau ahli gizi biasanya menganjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Begitu juga dengan daging merah, sebaiknya diolah dengan cara sehat tanpa tambahan minyak.

Sayur dan kacang-kacangan

Walaupun sayuran merupakan makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi, tetapi tidak berlaku bagi penderita asam urat. Ada beberapa sayuran seperti bayam, asparagus, jamur kuping, bayam, kol, bunga kol, daun pepaya, buncis, kangkung dan daun singkong yang memiliki kandungan purin. Kacang-kacangan seperti melinjo, kacang hijau, kacang kering, kacang tanah dan tauge juga banyak mengandung zat purin.

Maka dari itu penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi jenis sayur dan kacang-kacangan tersebut.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir, wine, anggur merah dan semacamnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Selain dapat memicu asam urat kambuh, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi yang akan memperburuk kondisi.

Kalau kamu menderita asam urat, ingat untuk selalu menjaga pola makan. Usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang sudah kita bahas diatas.

Bagikan Halaman ini