Penyakit

Syndrome Baby Blues pada Ibu Muda, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berita-sehat.com– Calon ibu atau ibu muda akan banyak mengalami perubahan suasana hati dimulai dari awal kehamilan hingga melahirkan. Perlu di waspadai syndrome Baby Blues pada ibu muda, penyebab dan cara mengatasinya.

Apa itu Baby Blues?

Baby blues syndrome adalah perubahan suasana hati pasca melahirkan yang membuat ibu terkadang merasa terharu atau menangis tanpa alasan yang jelas, cemas berlebihan bahkan terkadang mudah tersinggung.

Sekitar 80% wanita didunia yang baru melahirkan mengalami syndrome baby blues. Meski gejala yang yang ditunjukkan sepele, namun penyakit baby blues syndrome sangat berdampak negatif bagi ibu dan bayinya.

Kecemasan berlebihan yang dialami seorang ibu akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Syndrome baby blues dimulai pada minggu pertama pasca melahirkan dan dapat berlangsung selama 2 minggu.

Penyebab Baby Blues

Arti baby blues yang menunjukkan suatu kondisi yang dialami seorang ibu pasca melahirkan hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Karena setiap ibu yang baru pertama kali melahirkan memiliki penyebab baby blues yang berbeda-beda.

Berikut beberapa penyebab baby blues syndrome yang sering dijumpai pada ibu muda.

1. Adanya Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang dialami seorang wanita yang baru hamil itu wajar terjadi. Karena selama mengandung, banyak wanita mengalami perubahan terutama pada bentuk tubuhnya. Namun, naik turunnya hormone tersebut masih dianggap normal.

Perubahan hormon yang tidak normal justru dialami pasca melahirkan. Sang ibu akan mengalami perubahan kadar hormon yang cukup drastis. Hormon esterogen dan progesteron pada tubuh akan menurun.

Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya perubahan kimia di otak dan dan sebagai pemicu perubahan suasana hati (mood swing).

2. Sulit Beradaptasi

Penyebab baby blues syndrome yang satu ini umum terjadi pada wanita muda yang baru pertama kali melahirkan. Karena dihadapkan dengan tanggung jawab baru sebagai seorang ibu.

Banyak di antara ibu muda yang sulit beradaptasi dengan kondisi tersebut. Mereka akan merasa kewalahan saat mengurus bayi dan dirinya sendiri karena belum terbiasa.

3. Kurang Tidur atau Kurang Istirahat

Semua ibu yang baru melahirkan akan mengalami perubahan jam tidur karena mengikuti siklus tidur bayi yang baru lahir. Hal ini akan menyebabkan si ibu kurang tidur atau kurang instirahat.

Kurangnya jam tidur yang dialami akan sangat membuat dirinya tidak nyaman dan merasa kelelahan, hingga memicu munculnya syndrome baby blues.

Ciri-ciri Baby Blues Syndrome

Gejala baby blues syndrome biasanya lebih ringan dibandingkan depresi postpartum (postpartum depression). Dan biasa dapat hilang dengan sendirinya, jika tidak terlalu parah.

Ciri-ciri baby blues syndrome yang umum dijumpai pada ibu muda, yaitu:

1. Terjadinya perubahan suasana hati secara terus menerus dan berlangsung cepat.
2. Adanya perasaan cemas yang berlebih dan merasa kurang percaya diri karena kewalahan dalam mengurus bayi.
3. Akan terlihat murung dan rewel.
4. Tiba-tiba merasa sedih hingga menangis tanpa ada penyebab atau alasan yang jelas.
5. Akan mengalami gangguan tidur (insomnia), yang megakibatkan sering mengeluhkan sakit kepala.
6. Akan sulit berkonsentrasi karena sudah mengalami stress.
7. Emosi yang labil sehingga menjadi tidak sabaran, mudah gelisah dan marah.

Cara Mengatasi Baby Blues

Baby blues adalah salah satu gangguan psikis yang dialami wanita yang baru pertama kali melahirkan. Kondisi ini tidak bisa di sepelekan, karena bisa berdampak pada keadaan mental sang ibu. Jika ibu sudah tidak sehat terutama dibagian mental, maka bayinya juga akan terkena imbasnya.

Untuk itu dibutuhkan peran suami dan keluarga dalam membantu mengatasi syndrome baby blues ini. Berikut beberapa cara mengatasi baby blues dengan bantuan orang-orang terdekat.

1. Mempersiapkan fisik, mental dan materi sebelum melahirkan. Usahakan calon ibu tidak merasa tertekan, ciptakan suasana bahagia dan tenang agar pikirannya rileks.

2. Banyak mencari dan membaca informasi tentang persalinan agar tidak kaget pada saat melahirkan dan ketika merawat sang buah hati. Si ibu juga harus rajin melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan yang sudah menanganinya dari awal kehamilan.

3. Sebelum melahirkan, pastikan calon ibu dan pasangan melakukan kesepakatan dalam pembagian tugas ketika mengurus bayi. Jangan biarkan si ibu yang menanggung semua beban tersebut agar terhindar dari syndrome baby blues. Tanggung jawab dan kepekaan suami diuji disini.

4. Mengikuti komunitas-komunitas online maupun offline yang membahas cara merawat, mengurus, dan menghadapi bayi yang baru lahir dari ibu-ibu yang sudah berpengalaman. Ini adalah cara positif yang bisa dilakukan agar sang ibu tidak merasa jenuh dan bisa mendapatkan teman baru dari komunitas tersebut.

5. Perhatikan pola makan dan istirahat si ibu. Pastikan si ibu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat, serta kondisi tubuh yang fit selalu.

6. Cara mengatasi baby blues yang terakhir adalah usahakan selalu berpikiran positif, karena inilah salah satu kunci agar terhindar dari baby blues syndrome.

Nah para ibu, jangan biarkan dirimu masuk kedalam dilema yang besar agar pikiran tetap sehat. Ajaklah pasangan kamu untuk mau berbagi beban bersama. Dan para suami, pastikan kamu selalu ada disaat istrimu membutuhkanmu. Semoga kita semua tetap sehat. SALAM SEHAT.

Bagikan Halaman ini