Gaya Hidup

Manfaat Berhenti Merokok yang Harus Kamu Tau

Manfaat dari berhenti merokok memiliki efek besar bagi kesehatan dalam jangka panjang. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, hanya saja perlu tekad dan mental yang kuat. Jika kamu berhenti merokok sesegera mungkin, maka efeknya akan sangat baik.

Salah satu manfaat berhenti merokok yaitu menghindari terjadinya radang pita suara. Jika terjadi, hal ini akan menimbulkan suara terdengar serak dan kasar sehingga bagi kamu yang senang menyanyikan lagu-lagu seperti lagu chord dermaga biru tentunya tidak ingin terjadi.

Lalu, apa saja manfaat berhenti merokok lainnya? Mari kita simak dibawah ini.

Terhindar dari resiko Kanker

Manfaat berhenti merokok yang pertama adalah terhindar dari resiko terkena kanker. Rokok merupakan salah satu faktor penyebab tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Maka dari itu, semakin cepat anda berhenti merokok semakin besar kemungkinan anda meminimalisir jumlah sel kanker yang tumbuh.

Lalu bagaimana jika saya merokok sudah berpuluh-puluh tahun?

Yang namanya berhenti merokok itu tidak ada ruginya, tetap ada manfaatnya. Manfaatnya tidak bisa langsung muncul ketika anda sudah memutuskan berhenti, namun secara bertahap dan memerlukan waktu.

Menghemat pengeluaran

Oke mari kita berhitung. Jika anda perokok aktif yang bisa menghabiskan 1 bungkus perhari, berarti 1 bulan ada 30 bungkus. Katakanlah harga rokok sebungkus 20.000 , maka sebulan anda bisa menghabiskan Rp.600.000,- hanya untuk rokok. Nah itu jika kalian perokok yang bisa menghabiskan 1 bungkus perhari, bagaimana jika 2-4 bungkus perhari ?

Dengan jumlah uang segitu kalian bisa gunakan untuk hal-hal bermanfaat dalam kehidupan kalian. Jika kalian sudah berumah tangga, kan uangnya lumayan untuk beli mainan anak atau perhiasan untuk menyenangkan hati istri. Soalnya saya juga punya teman yang bisa menghabiskan 3-4 bungkus perhari. Dia tabung uang rokoknya selama 4 tahun, dan hasilnya dia bisa beli tanah.

Gimana ? Tertarik untuk memulai nabung uang rokok ?

Terlihat lebih awet muda

Berhenti merokok dapat membuat anda lebih awet muda. Hal tersebut dikarenakan merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit sehingga membuat kulit terlihat tua. Namun ketika anda berhenti merokok, kulit akan mendapat lebih banyak oksigen, sehingga mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.

Menurunkan tingkat stress

Mungkin beberapa dari kalian berpikir bahwa merokok bisa mengatasi stres berkat kandungan nikotin. Nikotin membuat si perokok merasa relaks dan merasa lebih energik dan bersemangat. Perlu diketahui bahwa efek ini hanya sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Sayangnya semakin sering seseorang merokok, akan semakin merasa ketagihan dan bertambah dosis yang digunakan.

Jadi, ketika kalian menghisap rokok bukan berarti stress kalian hilang, tetapi hanya mereda dan itu hanya sementara. Bahkan menurut penelitian bahwa orang yang sudah berhenti merokok itu memiliki tingkat stress yang lebih rendah daripada perokok aktif.

Seks tahan lebih lama dari biasanya

Salah satu faktor yang membuat seks lebih tahan lama adalah aliran darah yang lancar. Maka dari itu, saat diranjang kamu akan bertahan lebih lama dari biasanya karen ini adalah salah satu manfaat yang didapatkan saat berhenti merokok.

Rokok mengandung zat karbon monoksida yang dapat menghambat peredaran darah dan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Jadi berhenti merokok dapat membantu kamu untuk melancarkan aliran darah dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Manfaat dari berhenti merokok lainnya yaitu meningkatkan Kesuburan

Selain dapat melancarakan aliran darah, manfaat berhenti rokok lainnya adalah meningkatkan kesuburan.

Tar dan Nikotin merupakan kandungan zat yang terdapat pada rokok. Dimana zat tersebut memiliki potensi masuk ke dalam aliran darah kemudian meracuni air mani dan mempengaruhi kualitas dari sperma. Maka dari itu berhenti merokok dapat meningkatkan kesuburan.

Menurunkan resiko terkena penyakit animia dan leukimia

Rokok memiliki kandungan senyawa kimia yang bernama benzena. Dimana benzena dapat menurunkan jumlah sel darah merah dan merusak sumsum tulang, sehingga meningkatkan risiko terjadinya anemia dan perdarahan. Benzena juga dapat merusak sel darah putih yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit leukimia.

Demikian manfaat dari berhenti merokok yang dapat dirasakan bagi kesehatan anda. Tidak instan tetapi bertahap, namun hasilnya pasti. Jadi jangan tunda lagi untuk berhenti merokok, lakukan sesegera mungkin! Terimakasih.

Bagikan Halaman ini