Bukan Hanya Untuk Diet, Berikut Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat beras merah memang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi beras merah merupakan salah satu alternatif pangan. Beras merah juga kurang diminati oleh masyarakat karena harganya yang relatif mahal di pasaran. Hal itu disebabkan karena beras merah susah didapatkan.

Sebelum kita membahas manfaat beras merah, ada baiknya kita mengetahui asal usul beras merah. Beras merah merupakan beras yang tidak melalui penggilingan sempurna, sehingga kulit ari masih menempel.

Nah, kulit ari beras merah itu lah yang kaya akan minyak alami, lemak esensial, dan serat sehingga membuat beras merah punya banyak manfaat.

7 manfaat beras merah untuk kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana beras merah di produksi, mari kita simak beberapa manfaat beras merah dibawah ini.

nasi merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

 

1. Mencegah Penyakit jantung

Memakan minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem seputar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung. Beras merah juga mengandung kalium yang berfungsi untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung.

2. Mengurangi resiko terkena kanker

Beras merah kaya akan selenium, yaitu zat yang dapat mengurangi risiko kanker. Beras merah juga memiliki kandungan serat tinggi yang akan mempercepat masa tinggal sisa makanan dalam usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus dan juga mampu berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh.

3. Mengontrol kadar gula darah

Beras merah memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan kandungan karbohidrat beras putih. Hal tersebut menjadikan glukosa yang dihasilkan semakin rendah sehingga resiko terkena penyakit diabetes menjadi lebih kecil.

4. Menjaga berat badan dan melancarkan pencernaan

Beras merah mengandung serat yang protein yang lebih tinggi daripada beras putih. Anda bisa merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi beras merah dan tidak membuat anda merasa kelaparan dalam waktu lama. Itu lah alasan mengapa beras merah bermanfaat untuk diet alami yang sedang kamu jalani.

Beberapa wanita mengaku manfaat beras merah untuk diet sangat berkhasiat untuk menjaga timbangan badan agar tetap stabil. Meski rasanya sedikit hambar, namun nasi merah tetap akan membuat kamu cepat kenyang.

5. Mencegah reumatik dan kesemutan

Memiliki kandungan vitamin B yang mampu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah. Selain itu, vitamin B juga mampu mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.

6. Dapat mencegah anemia

Salah satu manfaat beras merah yang paling berkhasiat adalah mencega anemia. Dengan kandungan zat besi yang ada pada beras merah, bisa mencegah penyakit yang dikenal sebagai anemia (kekurangan sel darah merah).

7.  Menguatkan gigi dan tulang

Kandungan gizi beras merah lainnya yaitu zat fosfor (phosphor). Zat fosfor dapat membantu organ ginjal dalam menyaring zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ini hanya bekerja jika kamu mendapatkan asupan fosfor dalam jumlah yang cukup, yaitu 700 mg per hari untuk orang dewasa.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor seperti beras merah ini dapat memberikan manfaat untuk tulang dan gigi yang semakin kuat, membantu tubuh menciptakan energi untuk beraktifitas dan membantu tubuh menyerap vitamin B.

Untuk memaksimalkan manfaat beras merah, anda juga harus tetap menjaga pola hidup yang sehat. Seperti mengonsumsi sayur-sayuran, tidak merokok, tidur yang cukup, dan masih banyak yang lainnya. Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh jika mengonsumsi nasi merah. Selamat mencoba!

Bagikan Halaman ini