Gaya Hidup

Cara Mencegah Obesitas pada Remaja

Berita-sehat.com - Cara mencegah obesitas pada remaja perlu Anda ketahui. Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur dan gender. Kondisi tersebut dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis yang mengancam jiwa.

Obesitas adalah konndisi penumpukan lemak dalam tubuh yang bisa menyebabkan risiko penyakit kronis meningkat. Penyebabnya biasanya adalah pola hidup kurang sehat an riwayat obesitas dalam keluarga.

Latas, bagaimana cara mencegah obesitas pada remaja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah obesitas. Sebab, asupan makanan sehat memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Contoh makanan sehat tersebut adalah seperti sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, ikan, daging ayam dan sapi tanpa lemak. Selain itu, cara memasaknya juga perlu Anda perhatikan.

Biasakan memasak dengan sedikit minyak, tidak merebus sayur terlalu lama, serta memilih bahan pangan yang segar daripada yang makanan dalam kemasan.

2. Makan Secukupnya

Cara mencegah obesitas pada remaja yang selanjutnya ialah dengan memperhatikan porsi makan. Pasalnya, porsi makanan yang besar menyebabkan asupan kalori yang besar juga. Jika kalori ini tak digunakan sebagai energi untuk beraktivitas, akan berpotensi menjadi lemak yang menumpuk di tubuh.

Timbunan lemak dalam tubuh akan membuat naiknya berat badan dan meningkatnya risiko obesitas. Untuk itu, hindari makan dalam porsi besar jika tidak seimbang dengan aktivitas harian Anda.

3. Ngemil Sehat

Anda perlu makan tepat waktu, alias bukan disaat Anda merasa sangat lapar atau ketika perut masih kenyang. Jika Anda merasa kelaparan tapi belum waktunya makan siang atau malam, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi camilan.

Konsumsilah camilan yang bisa menunda rasa lapar dan mengisi kembali energi pada tubuh. Namun perlu Anda ingat, camilan tak boleh Anda konsumsi dalam jumlah besar. Hindari camilan yang tinggi gula atau garam agar tidak membuat kalori Anda melebihi batas yang aman.

4. Jangan Tidur Setelah Makan

Kebiasaan tidur setelah makan bukan hanya menimbulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan saja, tapi juga membuat naiknya berat badan. Hal itu terjadi karena kalori yang tidak terpakai secara maksimal dan membentuk timbunan lemak dalam tubuh.

Jadi, lakukan aktivitas selain tidur setidaknya 3 jam setelah makan dan hindari mengonsumsi makanan mendekat jam tidur malam. Selain itu, selalu perhatikan porsi makanan karena kebanyakan makan dapat membuat Anda lebih mudah ngantuk.

5. Aktif Bergerak

Agar asupan kalori dalam tubuh digunakan secara optimal, cobalah untuk aktif bergerak. Anda dapat meluangkan waktu setidaknya 5 menit untuk berjalan-jalan setelah makan. Anda juga dapat mengakalinya dengan memilih berjalan kaki daripada mengendaraai kendaraan saat harus pergi keluar rumah.

Berjalan kaki bisa menjadi pilihan tepat jika jaraknya memang masih terjangkau. Bagi Anda yang terbiasa memakai elevator, cobalah sesekali untuk menaiki tangga atau mengombinasikan keduanya apabila cukup berat jika Anda tempuh dengan naik tangga.

Seragkaian aktivitas yang mengontrol berat badan juga dilakukan oleh artis tanah air Ricky Cuaca, yang berhasil memangkas berat badan cukup banyak demi mendapatkan berat badan ideal.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mencegah obesitas pada remaja yang harus Anda ketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini