Penyakit

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara menghilangkan stretch mark merupakan langkah untuk mengatasi garis atau guratan merah yang terdapat pada kulit dan banyak mengganggu wanita hamil.

Stretch mark adalah salah satu masalah kulit yang banyak mengganggu wanita hamil dengan munculnya guratan-guratan merah seperti nadi yang panjang. Kondisi ini terjadi saat kulit mengalami perengangan yang berlebihan.

Selain menyebalkan, kondisi ini mengganggu kepercayaan diri, terutama bagi ibu pasca melahirkan atau mereka yang sedang menjalani diet ketat.

Namun ibu-ibu hamil tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara menghilangkan strech mark yang bisa bumil lakukan agar tidak kesal dan tetap percaya diri.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Terdapat banyak cara mudah untuk mengatasi kondisi ini dalam waktu relatif singkat. Jika kamu melakukannya dengan setengah-setengah maka bisa saja kondisi ini muncul kembali.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda

Berikut ini langkah yang harus kamu terapkan jika ingin menghilangkan stretch mark pada bagian kulit, antara lain:

1. Laser

Ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang paling mudah, dan hanya dalam hitungan menit. Perawatan laser yang secara berkala terbukti ampuh untuk menghilangkannya.

Sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perawatan ini. Selain itu, jika kamu tidak melakukannya secara tuntas, bisa saja kondisi tersebut akan muncul kembali.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah produk kecantikan yang sedang populer belakangan ini. Ramuan ini akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga secara perlahan stretch mark tersebut akan hilang.

Kamu cukup mengoleskan gel tersebut secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilaslah dengan bersih.

3. Minyak Zaitun

Hal yang membuat minyak zaitun cocok dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark adalah kandungan zat linoleic acid-nya. Zat ini ampuh untuk menjaga kandungan air pada kulit, sehingga stretch mark pasti akan pudar perlahan.

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan.

Kamu cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada stretch mark.

4. Putih Telur

Sama seperti gel lidah buaya, putih telur juga ampuh untuk mengenyalkan wajah sekaligus mencerahkannya. Hal ini lantaran putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang baik. Jika kamu ingin mengurangi bau amisnya, kamu dapat menambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon.

5. Gula

Dengan menggunakan gula sebagai scrub alami, maka kulit yang terasa kasar akan menjadi lebih lembut. Kamu dapat mencampurkan gula dengan madu, kemudian gosokkan perlahan pada area stretch mark sehabis mandi.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Sariawan tanpa Efek Samping

6. Minyak Vitamin E

Vitamin E memang sudah terkenal luas mampu mengatasi beragam masalah kulit. Kamu dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Losion

Dengan menggunakan losion yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki juga akan menghilangkan stretch mark perlahan. Gunakanlah setiap hari, agar stretch mark hilang dan kulit semakin kenyal dan sehat.

8. Bubuk Cokelat

Apabila kamu sering membuat kue di rumah, bubuk cokelat yang biasa jadi bahan pembuat kue ini dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark.

Buatlah pasta dari bubuk cokelat dan beri sedikit air, lalu oleskan pada stretch mark sebanyak dua kali sehari.

Bagikan Halaman ini