Penyakit

Gejala Awal Penyakit Rematik yang Harus Diwaspadai

Gejala awal penyakit rematik kerap kali tidak kita sadari. Padahaal, penting bagi kita untuk mengetahuinya sedini mungkin guna mendukung upaya diagnosis dan pengobatan atas gangguan kesehatan ini.

Penyakit rematik (Rheumatoid arthritis) merupakan peradangan sendi kronis yang diakibatkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadaap virus, bakteri, dan jamur yang masuk dan menyerang sel dan jaringan tubuh.

Melansir dari Mayo Clinic, sistem imun pada penderita rematik gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri, khususnya jaringan sinovium.

Gejala Awal Penyakit Rematik

Lantas, bagaimana gejala awal rematik? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Kelelahan

Penderita penyakit rematik bisa jadi akan merasakan kelelahan berlebihan sebelum gejala lainnya menjadi jelas. Kelelahana bisa muncul sebelum timbulnya gejala lain dalam beberapa minggu berikutnya.

Hal tersebut mungkin datang dan pergi dari minggu ke minggu atau hari ke hari. Kelelahan juga terkadang muncul bersamaan dengan perasan tidak sehat atau bahkan depresi.

2. Nyeri Sendi

Kekakuan pada satu atau lebih sendi yang lebih kecil merupakan gejala awal rematik yang umum terjadi. Kondisi tersebut juga kerap kali diikuti dengan nyeri sendi saat bergerak atau saat istirahat.

Nyeri sendi ini juga mempengaruhi kedua sisi tubuh secara bersamaan. Pada awal penyakit rematik, bagian paling umum yang mengalami nyeri adalah jari dan pergelangan tangan. Anda juga mungkin akan mengalami nyeri di lutut, kaki, hingga bahu.

3. Pembengkakan Sendi Ringan

Peradangan yang terjadi akibat penyakit rematik bisa menyebabkan persendian Anda tampak lebih besar dari biasanya. Pembengkakan ini pada umumnya juga disertai rasa hangat.

Serangan rematik bisa berlangsung mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu, dan pola ini diperkirakan akan meningkat seiring waktu. Flare selanajutnya mungkin akan terasa nyeri yang serupa atau di persendian lain.

4. Keluhan di Pagi Hari

Keluhan seperti kekakuan sendi pada pagi hari acap kalai menjadi tanda awal artritis atau radang sendi. Kekakuan yang berlangsung selama beberapa menit umumnya adalah gejala dari bentuk artritis, seperti osteoarthritis yang bisa memburuk seiring waktu jika tidak ditangani dengan tepat.

Sementara pada orang yang mengalami radang sendi karena rematik, kekakuaan bisa dirasakan hingga lebih dari satu jam. Anda juga mungkin merasa kaku setelaah tidak aktif dalam jangka waktu yang lama atau duduk terlalu lama.

5. Mati Rasa dan Kesemutan

Radang tendon dapat membuat tekanan pada saraf Anda. Tendon merupakan jaringan tebal yang berfungsi menempelkan otot ke tulang. Apabila terjadi, Anda bisa saja akan mengalami mati rasa, kesemutan, atau rasa terbakar pada tangan yang disebut carpal tunnel syndrome.

Sendi tangan atau kaki bahkan bisa menghasilkan suara mencicit atau berderak ketika tulang rawan yang rusak mulai bergesekan dengan sendi saat Anda bergerak.

Itulah tadi gejala awal penyakit rematik yang haraus Anda tahu. Untuk memastikan kondisi kesehatan Anda dalam kondisi baik, sebaiknya lakukan pengecekan rutin, seperti yang dilakukan oleh Ricky Cuaca.

Bagikan Halaman ini