Gaya Hidup

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa muda sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Minuman penyegar yang satu ini menjadi pilihan banyak orang saat cuaca panas. Tak hanya membantu menghilangkan dahaga, air kelapa muda juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Air kelapa memiliki rasa yang manis dan mengandung karbohidrat yang mudah dicerna tubuh dalam bentuk gula dan elektrolit. Minuman sehat ini mengandung sedikit kalori dan natrium, serta lebih banyak kandungan kalium dibandingkan minuman olahraga.

Untuk lebih mengetahui seputar air kelapa muda dan manfaatnya bagi kesehatan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Kandungan Air Kelapa Muda

Kandungan utama pada air kelapa muda terdiri dari elektrolit, mineral, dan vitamin. 100 gram (gr) air kelapa muda mengandung komposisi gizi sebagai berikut:

Energi: 17 Kalori (Kal)

Protein: 0.2 g

Lemak : 0.1 g

Karbohidrat: 3.8 g

Kalsium: 15 miligram (mg)

Fosfor: 8 mg

Besi: 0.2 mg

Natrium: 1 mg

Kalium: 149 mg

Manfaat Air Kelapa Muda

  • Minuman Alami Setelah Berolahraga

Kandungan elektrolit alami pada air kelapa muda membuatnya sangat cocok untuk dijadikan minuman selepas berolahraga. Sebab, minuman ini bisa tersaji tanpa tambahan gula, pemanis buatan, dan pewarna makanan.

Sebuah studi International Society for Horticultural Science menunjukkan bahwa air kelapa efektif menjaga dehidrasi saat berolahraga dan membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang. Tentu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan jika menikmati minuman segar ini sambil mendengarkan lagu Semata Karenamu atau Bertahan Terluka, bukan?

  • Memperlambat Penuaan

Bagi para wanita, sangat cocok untuk mengonsumsi minuman yang satu ini. kandungan sitokinin ini bisa menjadi salah satu hormon pertumbuhan, air ini bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Sitokinin bisa menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia seseorang.

  • Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Banyak yang belum mengetahui bahwa minuman yang satu ini baik bagi kesehatan jantung. Air kelapa muda efektif meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

Sebuah penelitian oleh West Indian Medical Journal menyebut bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa muda bisa secara signifikan meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta.

  • Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang selanjutnya ialah mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Minuman ini efektif untuk mengatasi diare, gangguan pencernaan, cacingan, konstipasi, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

  • Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Meminum air kelapa muda berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal. Minuman ini mampu meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine. Sebuah penelitian menyebutkan, air kelapa mencegah penumpukan Kristal yang ada pada saluran kemih.

Itulah tadi manfaat air kelapa muda bagi kesehatan tubuh. Selalu terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi minuman sehat, seperti yang dilakukan oleh Elina Joerg dan Cinta Laura. Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya!

Bagikan Halaman ini