Manfaat Teh Melati bagi Kesehatan

Manfaat teh melati bagi kesehatan sering kali tidak kita sadari, meski sering dikonsumsi. Selain harum dan memiliki rasa yang unik, minuman yang satu ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat teh melati bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Manfaat Teh Melati bagi Kesehatan

1. Menjaga Sistem Imun

Sama dengan teh hijau, minuman sehat yang satu ini dapat membantu untuk melindungi dan menjaga kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga membantu kita terhindar dari berbagai penyakit.

Tak hanya diminum, cara lain menikmati teh melati ini adalah dengan menghirupnya. Menghirup teh melati dipercaya mampu memperkuat sistem imun tubuh.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh melati dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. EGCG dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif serta menurunkan kadar gula darah, sekaligus menurunkan risiko diabetes tipe 2.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol dapat memicu peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, yakni penyakit jantung dan stroke. Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi hingga berada di atas rata-rata, sebaiknya segera ambil langkah penanganan yang tepat untuk menurunkannya. Teh melati ini juga dapat membantu proses penurunan kolesterol.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

The melati dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Minuman ini memiliki sifat pembakaran lemak, berkat kandungan kafein dan polifenol antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG).

Dengan demikian, minuman ini akan membantu anda menurunkan berat badan. Tak main-main, khasiat minuman ini telah dibuktikan oleh Ricky Cuaca dan Cinta Laura, yang konsisten menjalankan program diet demi mendapatkaan tubuh yang ideal.

5. Melindungi Fungsi Hati

The melati merupakan minuman yang kaya akan polifenol, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian pada hewan sebagai bahan percobaan, polifenol terbukti mampu melindungi kolesterol LDL (buruk) dari oksidasi, suatu proses yang dapat memicu penyakit jantung.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

The melati pada dasarnya adalah teh hijau atau teh hitam yang dikemas dengan katekin. Katekin merupakan sekelompok polifenol yang dapat membantu melindungi dari kerusakan gigi atau rongga dengan membunuh bakteri pembentuk plak seperti Streptococcus mutans.

Sebuah penelitian terhadap 15 orang menunjukkan bahwa, larutan yang mengandung katekin teh hijau menghentikan Streptococcus mutans dari menghasilkan asam ketika diaplikasikan pada gigi. Belum lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh melati dapat memerangi bau mulut dengan mengurangi bakteri penyebab bau.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh melati mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas otak serta membantu pelepasan neurotransmitter yang dapat mingkatkan suasana hati seperti dopamine dan serotonin.

Minuman ini juga mengandung asam amino L-theanine yang memicu pelepasan asam gamma-aminobutyric (GABA) – neurotransmitter yang menciptakaan suasana tenang dan santai. Penggunaakn secara bersamaan antara L-theanine dan kafein tampaknya lebih efektif dalam meningkatkan fungsi otak.

Itulah tadi manfaat teh melati bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu masih ragu mengonsumsinya?

Bagikan Halaman ini