Cara Mengatasi Ambeien serta Penyebabnya

Berita-sehat.com – Di zaman sekarang banyak masyarakat yang masih tidak menjaga pola makannya, dan akibatnya dapat merusak organ tubuh. Salah satunya penyakit Ambeien, setelah terserang penyakit ini, bayak orang yang mencari cara mengatasi ambeien dan penyebabnya.

Penyakit ambeien sering juga disebut hemoroid atau wasir. Sebelum kita mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya kita mengenal lebih dalam mengenai ambeien dan apa penyebabnya.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus.  Pembengkakan tersebut muncul di saluran yang menghubungkab usus besar dengan anus, atau lebih tepat disekitar anus.

Penyakit ini disebabkan kerena anda terlalu sering mengalami buang air besar yang keras. Namun ambeien tidak berdampak berbahaya dan tidak menuluar.  Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya atau bila kalian risih, kalian bisa menggunakan obat ambeien.

Penyakit satu ini merupakan gangguan pencernaan yang termasuk sering dialami setiap orang dunia pastinya. Dari beberapa penelitian, orang yang paling mudah mengalami gejala ini biasanya pada usia 50 tahun.

Gejala Ambeien

Kemunculan ambeien dapat ditandai dengan beberapa gejala yang umum, yaitu:

1. Kemunculan benjolan yang keras di sekitar anus

2. Anus sering terasa gatal dan

3. Saat duduk, anus terasa nyeri.

4. Darah menetes melalui anus saat buang air besar

5. Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi

Penyebab Ambeien

Penyebab ambeien paling utama adalah adanya ganguan dalam aliran darah menuju saluran pembuangan feses. Kondisi penyakit ini dapat muncul karena bebrbagai kebiasaan, seperti ngeden yang terlalu dipaksa saat buah air besar atau terlalu lama duduk di toilet.

Akibat kebiasaan buruk tersebut, penyebabnya dapat menggangu jalannya aliran darah, sehingga akhirnya menumpuk di pembuluh darah dekat anus dan menimbulkan tubuhnya benjolan.

1. Mengangkat benda berat

Penyebab ambeien pertama sangat sederhana dan mungkin sering kita lalukan dikehidupan sehari-hari. Ialah sering mengangkat benda berat, hal ini terjadi adanya penumpukan darah dan mempengaruhi aliran darah dan membuat pembukuh darah menjadi bengkak.

2. Sembelit kronis

Penyebab ambeien kedua ialah, fases yang mengeras akibatnya sembelit dan membuat anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar untuk ngeden. Tekanan berlebihan tersebut dapat memicu pembengkakan di anus dan akhirnya menyebabkan ambeien.

3. Usia

Penyeban ambeien selanjutnya adalah kerena tubuh anda semakin menua secara alami dan menyebakan pembuluh darah di sekitar rectum dan anus semakin lemah dan merenggang sehingga rentat membengkak.

Cara mengatasi ambeien

Selain penyebab yang ada diatas, penyebab ambeien lainnya ialah kurang mengonsumsi makanan berserat. Oleh karena itu, cara mebgatasi ambeian ialah sering mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah-buahan.

Adapun beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ambein sebagai berikut:

1.Berendam air hangat

Cara mengatasi ambeien pertama ialah menggunakan bahan yang ada disekiat anda seperti berendam air hangat. Caranya sanngat mudah, anda hanya perlu berendam air hangat selama 10 menit dan dilakukan setaip hari untuk meredakan ambeien.

2. Buah manggis

Cara mengatasi ambeien kedua adalah mengonsumsi buah manggis. Buah satu ini dikenal dengan banyak manfaat mulai dari kulitnya hingga buahnya. Dalam buah manggis terkandung xanthones, yaitu senyawa antioksidan yang melimpah terkandung dalam buah satu ini.

Senyawa xanthones bekerja untuk mengurani stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan merusak radikal bebas, antioksidan ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit, salah satunya adalah mengatasi peradangan dan mencegah ciri ambeien.

3. Oles lidah buaya

Cara mengatasi ambeien yang ketiga adalah mengoleskan lidah buaya. Lidah buaya tubuhan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita, dan tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk kecantikan.

Tumbuhan satu ini mengandung zat antiperadang yang dapat meredakan peradangan karena ambeien. Perlu di ingat juga, anda hanya menggunakan lidah buaya alami, bukan krim lidah bauaya.

4. Jaga kebersihan anus

Cara mengatasi ambeien berikutnya bukan hanya menggunakan bahan alami saja, namun kalian harus ingat untuk selalu menjaga kebersihan anus, karena itu paling penting untuk mengatasi penyakit satu ini.

5. Oleskan witch hazel

Cara mengatasi ambeien terakhir ialah kalian bisa mengoleskan witch hazel diarea anus. Witch hazel dikenal sangat mampu mengatasi rasa gatal, sakit dan mengatasi pendarahan ambeien.

Kandungan tanin dan minyak dalam bahan alami ini dapat membantu mengatasi peradangan ambeien dan mencegah pendarahan.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai ambeien, penyebab ambeien hingga cara mengatasinya. Lakukan cara Cara Mengatasi Ambeyen tersebut secara rutin, agar hasilnya maksimal.

Bagikan Halaman ini