Penyakit

Gejala Diabetes Pada Wanita Usia Muda, Dewasa, dan Hamil

Tahukah kamu? Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis, dimana ciri-ciri diabetes ini yaitu meningkatnya kadar gula (glukosa) darah dalam tubuh. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Gejala diabetes pada wanita umumnya lebih rentan terkena komplikasi yang lebih serius.

Glokosa yang mengalami penumpukan didalam darah kita terjadi akibat ketidak mampuan sel tubuh dalam menyerap nya, sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh.

Cara mengenali gejala diabetes yang paling umum adalah ada nya rasa haus dan lapar berlebih, penurunan atau kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta sering buang air kecil.

Bukan hanya itu, gejala diabetes dapat pula disertai dengan jari tangan yang terasa kaku, kelelahan, penglihatan kabur, mual, dan luka yang sulit sembuh.

Pada dasar nya kadar gula dalam tubuh dikendalikan oleh hormone insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.

Namun, pada kebanyakan penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh, sedangkan tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Jenis-Jenis Diabetes

Pada umum nya diabetes dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2

Diabetes Tipe 1

Untuk diabetes tipe 1 disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh penderita yang menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Sebagai akibat nya, kadar gula dalam darah akan meningkat. Adanya peningkatan kadar gula dalam darah ini menyebabkan adanya kerusakan pada organ-organ tubuh.

Tipe diabetes yang satu ini juga kerap dikenal dengan diabetes autoimun. Penyebab terjadinya kondisi ini masih belum diketahui secara pasti. Namun ada dugaan yang kuat bahwa penyakit ini disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Diabetes Tipe 2

Tipe diabetes yang kedua ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak di derita oleh masyarakat. Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh adanya sel-sel tubung yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga mengakibatkan penggunaan insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin).

Pada dasar nya, penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik wanita maupun pria.

Gejala Diabetes pada Wanita

Khusus pada wanita, terdapat beberapa gejala diabetes yang akan umum dialami, sebagai berikut ini.

Infeksi jamur berulang pada vagina

Tumbuhnya jamur Candida di vagina dapat disebabkan oleh kadar gula yang relative tinggi pada tubuh wanita. Hal inilah yang menjadi faktor utama yang membuat penderita diabetes wanita akan lebih sering mengalami infeksi jamur pada vagina.

Tumbuh nya jamur pada bagina dapat menyebabkan vagina akan terasa gatal, nyeri, keputihan, dan perih atau tidak nyaman saat berhubungan seks.

Infeksi saluran kemih

Jika seorang wanita terkena penyakit diabetes, tidak menutup kemungkinan penderita juga akan terkena infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini disebakan oleh urine penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Tidak sampai disitu saja, diabetes juga akan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran kemih, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Berapa tanda penderita telah terkena ISK meliputi nyeri saat buang air kecil, demam, anyang-anyangan, dan kencing berdarah.

Disfungsi seksual

Selain itu jika wanita terjangkit penyakit yang satu ini dapat menyebabkan Gejala diabetes pada wanita bisa berupa menurunnya dorongan seksual serta kondisi vagina kering.

Gejala yang satu ini diakibatkan oleh neuropati diabetik atau kerusakan serabut saraf karena tingginya kadar gula dalam darah.

Kondisi Khusus Diabetes pada Wanita

Tidak sama dengan para pria, wanita yang menderita penyakit diabetes akan lebih rentan terkena komplikasi atau penyakit serius lebih serius, seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Supaya hal ini tidak terjadi, akan lebih baik jika kalian mengontrol penyakit diabetes secara rutin yakni dengan menjalani pemeriksaan gula darah harian, memperbaiki gaya hidup, dan menggunakan obat diabetes sesuai resep dokter.

Ada beberapa alasan mengapa penyakit diabetes sulit di kontrol pada penderita wanita, yaitu sebagai berikut.

Fluktuasi hormon

Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, melahirkan, dan menopause membuat wanita menjadi lebih sulit untuk mempertahankan kadar glukosa atau gula darah dengan baik. sehingga, wanita disarankan untuk lebih rutin memeriksakan gula darah sebelum atau sesudah menstruasi.

Konsumsi pil KB

Ternyata beberapa jenis pil KB bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Kalian perlu melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter terkait pil KB yang direkomendasikan atau metode kontrasepsi lain yang lebih aman untuk meminimalkan kenaikan kadar gula darah.

Nah, itulah beberapa gejala diabetes yang pada wanita. Jika, kalian mengalami beberapa cici-ciri diabetes yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka kalian harus segera melakukan konsultasi dengan dokter ya, agar dapat mendapatkan penanganan dini.

Bagikan Halaman ini