Berita

15 Manfaat Buah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pepaya sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia. Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini bukan hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga menjadi salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Mengutip dari Jurnal Molecular Nutrition and Food Research, terdapat sejumlah enzim papain dan chymopapain yang ada dalam buah pepaya yang sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mencegah kanker.

Tak hanya itu saja, manfaat buah pepaya untuk kesehatan juga bagus untuk dikonsumsi agar meningkatkan imun tubuh. Manfaat ini ada di dalam kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sehingga, dengan mengkonsumsi pepaya, dapat membantu tubuh kamu tetap sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit. Penasaran ada apa saja manfaat buah pepaya lainnya? Berikut akan kami sajikan informasinya pada ulasan di bawah ini. Yuk, disimak hingga selesai!

1. Membantu Pencernaan yang Lancar

Pepaya mengandung dua enzim proteolitik, yaitu papain dan chymopapain, yang secara signifikan meningkatkan proses pencernaan.

Kedua enzim ini berperan dalam pemecahan dan pencernaan protein, menjadikannya alat bantu pencernaan yang sangat efektif. Selain itu, pepaya juga dapat meredakan masalah sembelit.

2. Meningkatkan Kerja Jantung yang Sehat

Buah pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang mendukung fungsi sistem kardiovaskular. Ini juga berkontribusi pada pengurangan risiko serangan jantung, karena kandungannya yang tinggi serat, potasium, dan vitamin.

Sehingga, dengan mengkonsumsinya kamu sudah menerapkan salah satu tips menjaga kesehatan jantung secara optimal.

3. Memudahkan Penurunan Berat Badan

Pepaya adalah pilihan yang sangat baik untuk penurunan berat badan karena rendah kalori. Jika kamu mencari makanan yang sesuai untuk program penurunan berat badan, pertimbangkan pepaya ini setiap 100 gram hanya mengandung 43 kalori.

4. Mencerahkan dan Merawat Kulit

Buah pepaya juga mengandung sejumlah vitamin yang membantu mencerahkan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Selain itu, kandungan beta-karoten yang melimpah pada buah ini dapat meningkatkan warna kulit, menjaganya tetap terhidrasi, dan mengobati masalah kulit seperti tumit pecah-pecah.

5. Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Mata

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata yang baik, dan pepaya mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko kerusakan pada retina dan kornea.

6. Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Pepaya sering diberikan kepada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Enzim dalam pepaya membantu mengatur aliran darah selama menstruasi dan merangsang hormon estrogen, membantu mengatasi kram yang menyakitkan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin juga akan merupakan salah satu cara mempercepat menstruasi atau haid.

7. Pengurang Rasa Sakit Alami

Pepaya juga memiliki sifat penghilang rasa sakit alami berkat enzim papainnya. Enzim ini merangsang produksi sitokin dalam tubuh, yang membantu mengontrol peradangan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan arthritis dan kondisi serupa.

8. Pengatur Gula Darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, pepaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Beberapa penelitian menunjukkan efek hipoglikemik pepaya yang dapat membantu mengendalikan gula darah.

9. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, konsumsi pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

10. Perlindungan Potensial dari Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer dan penyakit neurodegeneratif yang mempengaruhi fungsi otak, bisa terkait dengan stres oksidatif.

Pepaya, khususnya dalam bentuk ekstrak yang difermentasi, telah menunjukkan potensi untuk membantu melawan stres oksidatif dan memperlambat perkembangan penyakit ini.

11. Perlindungan terhadap Beberapa Jenis Kanker

Karena kandungannya yang kaya antioksidan, pepaya dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Komponen seperti likopen dan beta-karoten dalam pepaya telah dikaitkan dengan perlindungan dari kanker.

12. Manfaat Buah Pepaya untuk Menyehatkan Rambut

Pepaya bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga dapat membuat rambut halus. Kandungan vitamin A, antioksidan, dan asam folat dalam pepaya dapat memberikan nutrisi untuk kulit kepala dan rambut, membantu mencegah kerontokan rambut.

13. Pengelolaan Kolesterol

Biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat, yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Serat dalam biji pepaya juga berperan dalam menjaga kadar kolesterol yang sehat.

14. Pendukung Pengobatan Demam Berdarah

Selain buahnya di dalam biji pepaya juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, yang dapat bermanfaat dalam penyembuhan demam berdarah.

15. Mendukung Pengobatan Sirosis Hati

Biji pada buah pepaya mengandung nutrisi penting yang dapat membantu dalam pengobatan sirosis hati.

Mengkonsumsi biji pepaya yang dihaluskan dan dicampur dengan air jeruk nipis dapat membantu pemulihan dari penyakit sirosis hati.

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan seputar manfaat buah pepaya. Jangan lewatkan peluang untuk menjaga kesehatan tubuh dengan memasukkan buah pepaya ke dalam menu harian kamu sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini