Makanan

16 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat kulit manggis telah dipercaya oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sejak abad 18.

Kandungan xanthone yang ada di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang ampuh melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengutip dari laman Healthy Skin, xanthone ini merupakan antioksidan yang sangat ampuh melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan demikian, kulit manggis tidak hanya terbatas pada melindungi tubuh dari penyakit berbahaya, tetapi juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kalian agar tetap kuat.

Namun, manfaat kulit manggis tidak hanya terbatas pada kesehatan dalam. Kulit manggis juga telah digunakan dalam berbagai produk suplemen kesehatan, minuman, dan perawatan kulit.

Selain itu, biasanya kulit manggis juga digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit lainnya. Agar kalian tahu lebih lengkapnya tentang apa manfaat kulit manggis, berikut ini akan kami ulas secara lengkap. Yuk, disimak hingga akhir!

1. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Salah satu komponen paling penting dalam kulit manggis adalah kandungan antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang memiliki kemampuan untuk menangkal dampak penyakit kronis.

Kulit manggis mengandung berbagai nutrisi dengan kapasitas antioksidan yang signifikan, seperti vitamin C dan folat. Selain itu, kulit manggis juga menyediakan xanthone, suatu senyawa unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Dengan begitu, xanthone yang terdapat dalam manggis memiliki banyak potensi manfaat bagi kesehatan.

2. Sebagai Antiinflamasi

Xanthone yang terdapat dalam manggis memiliki peran penting dalam mengurangi peradangan.

Senyawa ini juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit inflamasi, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Kulit manggis juga kaya serat yang memberikan beragam manfaat tambahan.

3. Potensi Melawan Kanker

Senyawa yang terdapat dalam kulit manggis, termasuk xanthone, tidak hanya memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi, tetapi juga dapat membantu melawan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk sel-sel kanker pada jaringan payudara, lambung, dan paru-paru.

4. Mendukung Penurunan Berat Badan

Salah satu klaim yang dikenal tentang kulit manggis adalah potensinya untuk membantu dalam penurunan berat badan. Ini terkait dengan efek antiinflamasi yang membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

5. Manfaat Kulit Manggis untuk Perawatan Kulit

Kandungan sifat anti inflamasi, antibakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan antioksidan pada kulit manggis dapat membantu mengurangi risiko berbagai masalah kulit, termasuk peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Selain itu, kulit manggis juga bisa mencegah dan mengendalikan diabetes dengan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Ini diketahui bekerja sebagai penghambat alfa-amilase, yang berarti menghambat enzim yang mengurai pati menjadi glukosa.

Kemampuan manggis dalam menstabilkan kadar gula darah berasal dari asam tanatnya dan oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs).

OPC merupakan metabolit alami tumbuhan yang banyak ditemukan dalam buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, bunga, dan kulit kayu.

Selain manfaatnya bagi gula darah, OPC juga dikenal karena aktivitas antioksidannya dan kemampuannya sebagai antibakteri, antivirus, anti karsinogenik, antiinflamasi, antialergi, serta vasodilator. Dengan begitu, kamu dapat mengatahui ciri-ciri penyakit gula dan dapat mengatasinya secara optimal dengan mengkonsumsi buah manggis.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manggis membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini menghasilkan peningkatan sirkulasi darah dengan merangsang pelebaran pembuluh darah, yang membantu melindungi tubuh dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, tingkat kolesterol tinggi, penyumbatan jantung, dan nyeri dada yang parah.

Dengan meningkatkan aliran darah ke mata, vitamin C dalam manggis juga efektif dalam melawan katarak. Konsumsi 1000mg vitamin C per hari dikatakan dapat membantu membatasi katarak dan meningkatkan kualitas penglihatan.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pola makan yang mengandung banyak manggis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

Selain itu, ini juga membantu mengontrol tingkat trigliserida, yang mendukung kesehatan jantung manusia.

9. Mengatasi TBC

Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, selain berperan efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya bermanfaat bagi pasien yang mengidap tuberkulosis.

10. Anti Penuaan

Penuaan disebabkan oleh proses oksidasi. Manggis mengandung katekin (antioksidan yang juga ditemukan dalam teh hijau) yang dapat membantu melawan radikal bebas. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi manggis untuk menjaga penampilan awet muda Anda.

11. Mencegah Penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan adalah efektivitasnya dalam mengatasi penyakit Alzheimer.

Penyakit ini ditandai dengan gejala kebingungan, kesulitan mengingat, dan kebingungan umum, dan manggis tidak hanya baik dari segi buahnya, tapi juga dari kulit dan bagian lainnya yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

12. Sistem Pencernaan yang Baik

Manfaat kulit manggis juga mencakup kemampuannya untuk memelihara sistem pencernaan yang sehat.

Mengandung mangostin, hasil dari aktivitas antioksidan dan antimikroba, kulit manggis mampu menetralkan asam lambung dan mengatasi bakteri yang dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan.

13. Perawatan Kulit untuk Mengatasi Jerawat

Seringkali para wanita selalu bermasalah dengan kulit, untuk itu manfaat kulit manggis untuk wanita dalam mengatasi masalah jerawat sangat ampuh.

Hal itu berkat kandungan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Ini membantu mengurangi munculnya jerawat dan mempercepat proses penyembuhannya.

Sehingga, dengan mengkonsumsi buah manggis kamu dapat mengatasi salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

14. Manfaat Kulit Manggis untuk Mencerahkan Kulit

Senyawa dalam kulit manggis juga mampu untuk mencerahkan kulit. Senyawa-senyawa tertentu dalam kulit manggis memiliki efek pencerah kulit yang membuatnya cocok digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit.

15. Membantu Siklus Menstruasi

Manfaat kulit manggis untuk wanita yang berikutnya adalah membantu mengatur siklus menstruasi dan meredakan gejala tidak nyaman yang sering muncul sebelum menstruasi pada wanita.

16. Mendukung Kesehatan Jantung

Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel arteri dari kerusakan.

Selain itu, senyawa ini juga memperluas pembuluh darah, memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kulit manggis dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida serta meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Itulah informasi seputar manfaat kulit manggis. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan kulit manggis sebagai pilihan alami untuk menjaga kesehatan kamu, ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Halaman ini