Ramuan Herbal

Manfaat Minuman Jahe Merah Bagi Kesehatan

Manfaat minuman jahe merah bagi kesehatan sering kali tak disadari oleh banyak orang. Minumal herbal yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas dan membuat tubuh menjadi hangat.

Saat tubuh sedang tidak fit dan mengalami sakit tenggorokan, minuman jahe merah kerap digunakan sebagai solusinya. Bukan tanpa alasan, hal ini karena kandungan flavonoid dalam jahe merah sangat baik dan efektif untuk melegakan tenggorokan.

Manfaat Minuman Jahe Merah Bagi Kesehatan

Berikut ini dijelaskan beberapa manfaat minuman jahe merah bagi kesehatan. simak ulasan lengkapnya di abwah ini yuk!

1. Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Jahe merah memiliki sensasi hangat jika dikonsumsi dalam bentuk minuman. Kandungan flavonoid dalam jahe merah memiliki sifat anti peradangan, sehingga efektif dalam meredakan sakit tenggorokan.

Selain itu, minuman jahe merah ini juga akan meredakan gejala batuk berkat kandungan minyak atsirinya. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi jahe merah berukuran kecil secara langsung tiga kali sehari. Usahakan untuk mengunyah jahe merah hingga lembut.

2. Menjaga Imun Tubuh

Kamu dapat mengonsumsi jahe secara rutin untuk menjaga imun tetap prima karena kandungan vitamin C dan magnesium di dalamnya. Selain kedua zat tersebut, jahe merah juga mengandung gingerols, shogaols, dan zingerones, berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

3. Meredakan Nyeri Haid

Rutin mengonsumsi air jahe dapat membantu mengurangi nyeri saat menstruasi. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda berbeda dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Untuk meredakan nyeri, cobalah mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari di awal menstruasi.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak minyak atsiri pada jahe dipercaya mampu mencegah masalah pencernaan, seperti sakit perut karena sifat antibakterinya. Gangguan pada pencernaan umumnya karena bakteri jahat yang masuk, sehingga mengonsumsi jahe menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, rasa hangat yang dihasilkan saat mengonsumsi jahe juga membuat sistem pencernaan lebih rileks. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengonsumsi jahe, karena sebagian orang menghindari untuk mengonsumsi tanaman ini terlalu banyak.

5. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat minum jahe bagi kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu meredakan sakit otot. Menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe mempunyai efek anti-radang yang juga ampuh mengurangi nyeri otot.

Dalam penelitian tersebut, para ahli melakukan riset terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan. Subjek penelitian tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok yang hanya diberi pil mengandung gula dan kelompok yang diberi suplemen jahe.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa rasa sakit pada otot pascaolahraga pada kelompok pertama terasa lebih ringan 25% dibandingkan dengan kelompok kedua.

Itulah manfaat minuman jahe merah bagi kesehatan tubuh. Selalu terapkan pola hidup sehat seperti yang dilakukan Elina Joerg, Naomi Zaskia, dan Cinta Laura. Dengan demikian, tubuh akan tetap fit dan jauh dari risiko terkena penyakit kronis.

Bagikan Halaman ini