Mengenal Penyakit Mental yang Diderita Zayn Malik

Penyakit mental Zayn Malik – Siapa yang tak mengenal Zayn Malik, sosok musisi dan penyanyi yang namanya mendunia.

Beberapa waktu yang lalu, pria kelahiran Inggris ini secara terang-terangan mengakui dirinya mengidap dua penyakit mental yakni eating disorder dan kecemasan.

Saking parahnya, salah satu penyakitnya tersebut sempat membuat mantan personil One Direction ini harus membatalkan penampilannya di sebuah festival musik tepat pada menit-menit terakhir.

Ternyata, penyakit ini sudah lama diidap oleh Zayn, bahkan mantan pacar Gigi Hadid sudah mengetahui itu.

Penyakit Mental Zayn Malik

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penyakit mental yang pernah diderita Zayn Malik.

1. Eating Disorder

Eating disorder atau gangguan makanan merupakan kondisi serius yang bersangkutan dengan perilaku makan yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan, baik itu secara emosi, kemampuan dan fungsi di kehidupan sehari-hari.

Dalam buku autobiografi yang dirilis pada 2016 silam, Zayn Malik mengaku bahwa dirinya mengidap gangguan makan tersebut. Ia merasa baik-baik saja meskipun tidak makan sama sekali selama berhari-hari.

“Ada sesuatu yang belum pernah saya bicarakan di depan umum sebelumnya, tetapi yang saya ketahui sejak saya pertama kali meninggalkan band (One Direction) adalah bahwa saya menderita gangguan makan,” ungkap Zayn.

Dalam keterangan tersebut, Zayn mengatakan bahwa dirinya pergi berhari-hari secara berturut-turut tanpa makan sama sekali.

Zayn tidak mengetahui bahwa itu adalah masalah kesehatan yang serius, karena pada saat itu Zayn masih belum mengetahui penyakit apa yang ia derita.

Meskipun agama Zayn Malik adalah Islam, bukan berarti dia mengidap penyakit ini karena menjalankan ibadah puasa, ya. Namun, kesibukannya bersama One Direction lah yang disinyalir menjadi penyebab dirinya mengidap gangguan tersebut.

Setelah melakukan konsultasi dan menjalani perawatan yang intensif, pria berumur 29 tahun ini akhirnya bisa mengatasi kondisi tersebut.

2. Anxiety Disorder

Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan merupakan kondisi dimana seseorang mudah merasa khawatir terhadap berbagai hal, walau sedang dalam situasi normal.

Zayn sendiri merupakan pengidap Anxiety yang pertama kali ia ungkapkan melalui Twitter pribadinya.

Kondisi tersebut membuat Zayn membatalkan penampilannya di festival musik Summertime Ball di Inggris pada 2016 silam.

Zayn pun kemudian meminta maaf terkait perilakunya yang semena-mena membatalkan pertunjukannya.

Ia mengakui bahwa kala itu ia mengidap kecemasan yang terburuk sepanjang kariernya, sehingga ia tidak bisa menahannya dan membatalkan pertunjukan.

Sebenarnya, kedua penyakit ini sering dialami oleh selebritis-selebritis papan atas. Bukan tanpa alasan, mereka memiliki banyak hal yang harus dipikirkan.

Terkadang, pikiran-pikiran tersebut yang membuat mereka merasa cemas, hingga berlebihan.

Memang, cemas adalah hal yang wajar dialami seorang manusia. Namun, rasa cemas yang berlebihan dapat membuat kondisi kita semakin memburuk dan berdampak pada kehidupan pribadi.

Demikian penyaki mental yang diderita Zayn Malik, yakni gangguan makanan dan gangguan kecemasan.

Bagikan Halaman ini