Gaya Hidup

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tanpa Obat

Berita-sehat.com - Cara menjaga kesehatan ginjal tanpa obat ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Untuk diketahui, ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dari limbah dan membuangnya lewat urine.

Organ ini juga berperan penting dalam mengatur kadar pH dan Kalium dalam tubuh dan bertanggung jawab mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang serta mengatur fungsi otot.

Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Ginjal yang sehat akan membuat tubuh mampu menyaring dan membuang limbah dengan baik.

Berikut ini dijelaskan cara menjaga kesehatan ginjal tanpa obat-obatan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan juga akan meningkatkan tekana darah, yang selanjutnya akan berdampak buruk pada ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap ideal agar tubuh tetap sehat.

Indeks massa tubuh (BMI) berguna untuk memeriksa apakah bobot tubuh mu ideal atau tidak. Kamu bias menggunakan kalkulator berat badan sehat dnegan menghitung BMI. Lakukan setidaknya 150 menit latihan dengan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda setiap minggu untuk mengembakikan berat badan ke angka ideal.

2. Cukupi Kebutuhan Air

Mencukupi kebutuhan air akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Jika urine berwarna seperti jerami atau bahkan lebih gelap lagi, itu mungkin pertanda tubuh mengalami dehidrasi.

Ketika kamu bepergian saat cuaca dengan terik atau saat berolahraga berat, sebaiknya minum lebih banyak air dari biasanya untuk menggantikan cairan yang hilang karena berkeringat.

3. Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Bahaya minumm alkohol dan juga merokok tentu disadari olah banyak orang. Saat ini, merokok seakan telah menjadi kebiasaan yang umum kita jumpai. Kebiasaan yang mengancam kesehatan juga dilakukan banyak orang tanpa memandang usia dan gender. Bahkan, banyak perempuan yang merokok, seperti Amanda Manopo dan masih banyak lagi.

Cobalah untuk berhenti merokok dan batasi jumlah alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan merokok sama-sama berisiko meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab paling umum dari gangguan ginjal.

4. Asupan Makanan yang Sehat

Pola makan yang seimbang akan memastikan kamu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah serta buji-bijian seperti pasta gandum, nasi, dan roti. Selain itu, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan asin dan berlemak karena akan memperberat kinerja ginjal.

5. Hindari Kebiasaan Minum Obat Anti Nyeri

Obat-obatan seperti NSAIDS atau obat Pereda nyeri bias membahayakan kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal atu penurunan fungsi ginjal, konsultasikan dengan dokter guna memastikan dosis obat anyi nyeri yang aman.

Demikian penjelasan tentang tips menjaga kesehatan ginjal tanpa obat-obatan yang penting untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Bagikan Halaman ini